dc.description.abstract |
SERLI, Pelaksanaan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MA Miftahul Huda di Desa Rantau Panjuang Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2024.
Metode diskusi diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah. Belajar dengan menggunakan penelitian ini bertujuan untuk melibatkan peserta didik dalam pembelajaran dengan merefleksikan kegiatan mereka. Penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) materi yang didiskusikan oleh siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MA Miftahul Huda di Desa Rantau Panjang Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak 2) alasan di diskusikannya materi pembelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MA Miftahul Huda di Desa Rantau Panjang Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak 3) langkah-langkah pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MA Miftahul Huda di Desa Rantau Panjang Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif . subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas XI MA Miftahul Huda. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan member check.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode diskusi pada pembelajaran Akidah akhlak di kelas XI MA Miftahul Huda berjalan dengan baik, dapat disimpulkan bahwa : 1) diskusi mengenai adab berpakain merupakan materi penting yang bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang cara berpakaian yang sesuai dengan nilai-nilai islam. 2) diskusi tentang adab berpakaian dipilih dengan alasan yang mendasar yaitu untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada siswa tentang tata cara berpakaian sesuai dengan ajaran islam serta nilai-nilai islam yang menyertainya. 3) terdapat 7 langkah-langkah dalam pelaksanaan metode diskusi yaitu Pertama, pengarahan awal. Kedua, pemberian persoalan atau masalah. Ketiga, pemberian soal atau topic yang sama. Keempat, peran guru sebagai fasilitator. Kelima, penggunaan alat bantu. Keenam, memastikan partisipasi aktif. Ketujuh, evaluasi dan umpan balik. |
en_US |