dc.description.abstract |
DINDA MAULIDA SUGESTA. 11836047. Pengaruh Kesadaran Halal
Terhadap Perilaku Konsumen Dalm Membeli Produk Kecantikan Halal “Wardah”
Pada Mahasiswa FUAD Angkatan 2018. Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah.
Program Studi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan ingin mengetahui tingkat pemahaman
kesadaran halal umat muslim dalam membeli produk kecantikan khususnya kepada
mahasiswa FUAD IAIN angkatan 2018, yang dimana semakin berkembangnya era
saat ini banyak sekali perusahaan produk kecantikan melakukan rangkaian inovasi
pada produk mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat kesadaran halal
pada mahasiswa FUAD angkatan 2018. (2) tingkat perilaku konsumen pada
mahasiswa FUAD angkatan 2018. (3) pengaruh kesadaran halal dan perilaku
konsumen secara bersamaan. Pada peneitian ini populasi yang digunakan adalah
mahasiswa aktif FUAD angkatan 2018 yang berjumlah 178 mahasiswa.
Menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis data yang bersifat
angka untuk tujuan menguji hipotesis. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100
mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kesadaran halal
dan skala perilaku konsumen.
Hasil penelitian ini menunjukan (1) tingkat kesadaran halal pada mahasiswa
FUAD angkatan 2018 berada dikategori rendah dengan presentase sebesar 43%. (2)
tingkat perilaku konsumen pada mahasiswa FUAD angkatan 2018 berada dikategori
sedang dengan presentase sebesar 71%. (3) hasil penelitian menunjukan bahwa
variabel kesadaran halal berpengaruh rendah terhadap variabel perilaku konsumen
dengan presentase sebesar 32,9%. Dengan demekian Ha diterima dan H0 ditolak. |
en_US |