dc.description.abstract |
SINDY PUSPITASARI 12011051, Pengembangan Picture Word Card Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Membaca Permulaan di PAUD Menarin Jaya Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Pengembangan merupakan usaha yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang menggunakan media picture word card berbasis lingkungan untuk mendekatkan peserta didik pada situasi yang sebenarnya. Model pengembangan ini dapat meningkatkan membaca permulaan peserta didik di PAUD Menarin Jaya.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan picture word card berbasis lingkungan untuk meningkatkan membaca permulaan di PAUD Menarin Jaya. 2) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan picture word card berbasis lingkungan untuk meningkatkan membaca permulaan di PAUD Menarin Jaya. 3) Untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi pengembangan picture word card berbasis lingkungan untuk meningkatkan membaca permulaan di PAUD Menarin Jaya.
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian campuran atau mixed methods dengan jenis penelitian R&D dan model penelitian 4D dengan empat tahap yaitu difine (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan).
Hasil yang diperoleh yaitu: 1) Prosedur pengembangan media picture word card untuk meningkatkan membaca permulaan anak kelompok A yang menjadi empat tahap. Pertama pendefinisian, analisis awal dan akhir, analisis karakteristik anak, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Kedua perancangan, dimulai dari penyusunan standar tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Ketiga pengembangan yaitu tahap validasi ahli, uji coba terbatas dan uji coba luas. Keempat penyebaran tahap ini adalah pengemasan, difusi dan adopsi. (2) Keefektifan media picture word card, berdasarkan validator ahli media diperoleh presentase 91,42% dengan kategori “sangat layak”. Dan berdasarkan ahli materi diperoleh presentase 93,33% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan angket respon guru diperoleh presentase 100% dengan kategori “sangat efektif”. (3) Faktor yang mempengaruhi pengembangan media picture word card di kelompok A PAUD Menarin Jaya adalah bahan atau sumber media, kondisi anak dan faktor intelektual anak |
en_US |