dc.description.abstract |
WIWIT PERMATASARI, 11911042, Penerapan Media Papan Flanel Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Materi Keterampilan Berbahasa Tema Mengenal Huruf di Tk Al-Adabiy Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara dengan beberapa guru dan orang tua, ditemukan bahwa banyak guru merasa metode ceramah yang mereka gunakan kurang berhasil dalam membuat anak-anak tertarik belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan media papan flanel dalam pembelajaran materi keterampilan berbahasa anak usia dini di TK Al-Adabiy Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi Guru TK saat menerapkan media papan flanel dalam pembelajaran materi keterampilan berbahasa anak usia dini di TK Al-Adabiy Pontianak 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu guru dan anak. Sumber data primer dokumen pendukung lainnya. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan, penarikan dan verifikasi.
Dari yang telah dilakukan disimpulkan bahwa 1) Langkah-langkah penggunaan media papan flanel di TK Al-Adabiy Pontianak tahun 2023/2024 adalah pertama, guru mempersiapkan media papan flanel yang akan digunakan dalam pembelajaran pada materi keterampilan berbahasa. Kedua, guru mengkondisikan anak agar pembelajaran lebih efektif dan anak memperhatikan media papan flanel yang telah dibuat. Ketiga, guru menyampaikan materi tentang keterampilan berbahasa dengan media papan flanel yang telah disiapkan. Keempat, guru memantau dan mengevaluasi secara berkala kemampuan setiap siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana terkait pelajaran. 2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan papan planel berdasarkan hasil observasi Guru TK terdapat dua kendala, yaitu kendala internal seperti persiapan yang memakan waktu, biaya tinggi, dan daya rekat papan flanel yang kurang kuat. Kemudian kendala eksternal seperti anak yang sulit untuk diarahkan agar fokus terhadap pembelajaran. Meskipun demikian, media ini berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran interaktif dan mendukung, meningkatkan minat dan motivasi belajar anak-anak. |
en_US |