PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA“POP UP BOOK” TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI RA MAS’UDI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author FIKRIYAH, ISTIQAMATUL
dc.date.accessioned 2024-10-10T08:21:42Z
dc.date.available 2024-10-10T08:21:42Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5269
dc.description.abstract ISTIQAMATUL FIKRIYAH, Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media“Pop Up Book” Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Ra Mas’udi Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh penggunaan metode bercerita berbantuan media“Pop Up Book” terhadap perkembangan bahasa anak di RA Mas’udi Pontianak; (2) Besar pengaruh penggunaan Metode Bercerita berbantuan media “ Pop Up Book” terhadap perkembangan bahasa anak di RAMas'udi Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian jenis kuantitatif dengan metode eksperimen Quasy-Experimental design dengan teknik penelitian Posttest-Only Control Design with noneqiuvalen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas B RA Mas’udi Pontianak tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 2 kelas (32 peserta didik). Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu Teknik pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.. Instrumen untuk pengambilan data penelitian menggunakan cheklist perkembangan bahasa anak usia 5-6 pada aspek mengungkapkan bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil perkembangan bahasa anak kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode bercerita berbantuan media pop up book dengan kelas kontrol yang diajar menggunakan metode bercerita. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 95 lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73 dan nilai Effect Size sebesar 2,49. Hal ini berarti penggunaan metode bercerita berbantuan media “pop up book” berpengaruh besar terhadap perkembangan bahasa anak. Analisis data menggunakan uji paired sample t-est menunjukan nilai thitung 3,030 > ttabel 2,145 dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa Terdapat Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media “Pop Up Book Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di RA Mas’udi Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Anak usia dini en_US
dc.subject Metode bercerita en_US
dc.subject Media pop-up book en_US
dc.subject Perkembangan bahasa en_US
dc.title PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA“POP UP BOOK” TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI RA MAS’UDI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account