dc.description.abstract |
LITA HANDAYANI, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga Di SMP Negeri 05 Sungai Kakap: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum adanya penggunaan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika di SMPN 05 Sungai Kakap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga; (2) kevalidan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga; (3) kepraktisan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga; dan (4) keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model Plomp dengan 3 tahap yaitu: (1) Prelimenary research (analisis pendahuluan); (2) Prototyping phase (pengembangan atau pembuatan prototipe); dan (3) Assessmen phase (fase penilaian). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik komunikasi tidak langsung; dan (2) teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah (1) lembar angket tertutup; dan (2) soal tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) analisis kevalidan LKPD; (2) analisis kepraktisan LKPD; dan (3) analisis keefektifan LKPD.
Proses pengembangan LKPD berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga dilakukan dengan menggunakan model pengembangan plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu, Prelimenary research (analisis pendahuluan), Prototyping phase (pengembangan atau pembuatan prototipe), dan Assessmen phase (fase penilaian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga memenuhi kriteria validitas tinggi, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika, dilihat dari penilaian koefesien validitas (1,0) dengan kategori validitas tinggi, praktikalitas (82,72%) dengan kategori sangat praktis, serta keefektifan (83,33%) dengan kategori sangat efektif. |
en_US |