PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 05 SUNGAI KAKAP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Sulisti, Hidayu
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author HANDAYANI, LITA
dc.date.accessioned 2024-10-10T01:50:20Z
dc.date.available 2024-10-10T01:50:20Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5260
dc.description.abstract LITA HANDAYANI, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga Di SMP Negeri 05 Sungai Kakap: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum adanya penggunaan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika di SMPN 05 Sungai Kakap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga; (2) kevalidan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga; (3) kepraktisan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga; dan (4) keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model Plomp dengan 3 tahap yaitu: (1) Prelimenary research (analisis pendahuluan); (2) Prototyping phase (pengembangan atau pembuatan prototipe); dan (3) Assessmen phase (fase penilaian). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik komunikasi tidak langsung; dan (2) teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah (1) lembar angket tertutup; dan (2) soal tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) analisis kevalidan LKPD; (2) analisis kepraktisan LKPD; dan (3) analisis keefektifan LKPD. Proses pengembangan LKPD berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga dilakukan dengan menggunakan model pengembangan plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu, Prelimenary research (analisis pendahuluan), Prototyping phase (pengembangan atau pembuatan prototipe), dan Assessmen phase (fase penilaian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika pada materi segi empat dan segitiga memenuhi kriteria validitas tinggi, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika, dilihat dari penilaian koefesien validitas (1,0) dengan kategori validitas tinggi, praktikalitas (82,72%) dengan kategori sangat praktis, serta keefektifan (83,33%) dengan kategori sangat efektif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Lembar Kerja peserta Didik en_US
dc.subject Etnomatematika en_US
dc.subject Segitiga dan Segi Empat. en_US
dc.title PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 05 SUNGAI KAKAP en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account