KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI MTsN 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Fazny, Bella Yugi
dc.contributor.advisor Cucu, Cucu
dc.contributor.advisor Saputra, Randi
dc.contributor.author ZAHRA, NAFIESA MIESCA
dc.date.accessioned 2024-10-02T06:59:54Z
dc.date.available 2024-10-02T06:59:54Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5222
dc.description.abstract Nafiesa Miesca Zahra, 12006041. Layanan Konseling Individu dengan Teknik Self Management dalam Mengurangi Perilaku Membolos Peserta Didik di MTsN 2 Pontianak, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam (IAIN) Pontianak 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya peserta didik di MTSN 2 Pontianak yang melakukan perilaku membolos, membuat penelitian ini memiliki urgensi untuk mengurangi perilaku membolos tersebut dengan layanan konseling individu menggunakan teknik self management. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Design (SSD). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 211 siswa dan sampel penelitian berjumlah 3 peserta didik kelas IX MTsN 2 Pontianak dengan teknik purposive sampling dengan kriteria bolos (alpa) terbanyak dalam satu bulan terakhir yaitu pada bulan Juli tahun ajaran 2023/2024. Alat pendataan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi berupa data absensi dan kartu checklist kehadiran siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menjawab hipotesis sebelumnya yang menyatakan bahwa teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku membolos pada peserta didik di MTsN 2 Pontianak. Hasil pretest sampel penelitian sebelum diberikan layanan konseling individu memiliki skor rata-rata 83,3 sedangkan hasil skor posttest yaitu 56,6. Makna penurunan skor angket yang signifikan menunjukan terdapat perubahan perilaku membolos pada peserta didik. Peneliti memperkuat hasil penelitian dengan memilih dua peserta didik sebagai observer dengan inisial SR dan VN untuk memantau kehadiran sampel pada jam pelajaran, pemaparan data absensi peserta didik sebelum diberikannya layanan konseling individu sampai satu bulan setelah diberikan layanan konseling individu, kartu checklist kehadiran peserta didik dan deskripsi perasaan peserta didik setelah diberikannya konseling individu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Konseling Individu en_US
dc.subject Self Management en_US
dc.subject Perilaku Membolos en_US
dc.title KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI MTsN 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account