PENGGUNAAN METODE WAFA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL- KAHFI SANGGAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Waldan, Raziki
dc.contributor.advisor Sahri, Sahri
dc.contributor.advisor Akbar, Taufik
dc.contributor.author IZZAH, YUNADIYAH SAYYIDAH NURUL
dc.date.accessioned 2024-09-24T02:41:00Z
dc.date.available 2024-09-24T02:41:00Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5194
dc.description.abstract YUNADIYAH SAYYIDAH NURUL IZZAH. Penggunaan Metode Wafa Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Kahfi Sanggau: Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana penggunaan metode wafa dalam menghafal Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Kahfi Sanggau. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dari penggunaan metode wafa dalam menghafal Al-Qur'an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Kahfi Sanggau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Sumber data guru pembelajaran Al-Qur’an kelas VA SDIT Al-Kahfi Sanggau. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data interaktif yang tahapan analisisnya terdiri dari kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai begrikut bahwa : 1) Penggunaan metode wafa dalam menghafal Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Kahfi Sanggau adalah pertama-tama guru akan membacakan ayat yang dihafalkan beberapa kali kemudian diikuti oleh seluruh siswa, setelah itu guru akan menunjuk salah satu siswa untuk membacakan ayat yang dihafalkan dan diikuti oleh siswa yang lain. Terakhir membaca dan menghafalkan ayat hafalan bersama-sama dan barulah disetorkan diakhir jam pelajaran. Guru memiliki cara khusus dalam pembelajaran Al-Qur’an di kelas VA yaitu dengan cara murajaah atau mengulang hafalan dan guru juga memiliki cara khusus lainnya agar siswa dapat lebih fokus terhadap hafalan yaitu dengan bermain game yang terkait dengan pembelajaran. Ketika melakukan variasi pembelajaran, guru melakukan dengan cara gerakan tangan dan guru menggunakan alat peraga selain buku dalam proses pembelajaran yaitu dengan kartu gambar dan kalender wafa. 2) Faktor pendukung dari penggunaan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an kelas VA di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Kahfi Sanggau adalah faktor dukungan dari guru, dukungan orangtua, sarana dan prasarana, lingkungan yang memadai, motivasi yang kuat, guru yang berpengalaman, sumber daya yang memadai, serta kesabaran dan ketekunan. Faktor penghambat dari penggunaan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an kelas VA di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Kahfi Sanggau adalah pada awal pembelajaran wafa guru membutuhkan penyesuaian dalam penggunaan metode wafa. Selain itu, salah satu faktor penghambat berasal dari kurangnya kesadaran orangtua untuk membantu anak muraja’ah atau mengulang hafalan di rumah, kurangnya waktu belajar, kurangnya motivasi menghafal dan mempelajari Al-Qur’an, serta kesulitan dalam memahami konsep. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penggunaan en_US
dc.subject Metode Wafa en_US
dc.subject Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Dari Penggunaan Metode Wafa en_US
dc.title PENGGUNAAN METODE WAFA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL- KAHFI SANGGAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account