dc.description.abstract |
DINDA RAHMI DWI PUTRI, 12005100, Hubungan Penggunaan Media Sosial TikTok Dengan Referensi Trend Hijab Pada Mahasiswi IAIN Pontianak (Studi Kasus Mahasiswi Fuad Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2020-2023)”. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk menganlisa Hubungan Penggunaan Media Sosial TikTok dengan Referensi Trend Hijab Pada Mahasiswi IAIN Pontianak (Studi Kasus Mahasiswi Fuad Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2020-2023). Jenis metode yang digunakan ialah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian teknik survei. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability sampling dengan cara Simple Random Sampling dengan populasi penelitian ini mahasiwi KPI dari Angkatan 2020-2023, dengan sampel 100 responden. Teknik pengujian instrumen penelitian ini Uji Validasi dan Uji Reliabilitas. Data diperoleh dari kuesioner penggunaan media sosial TikTok dengan referensi trend hijab kemudian dianalisis dengan Uji Korelasi Pearson.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan dengan hasil Uji Korelasi Pearson berdasarkan nilai diperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat diketahui bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, atau dalam kata lain terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media sosial TikTok dengan referensi trend hijab Pada mahasiswi KPI Angkatan 2020-2023. Berdasarkan nilai r hitung (Pearson Correlation), diketahui nilai r hitung untuk variabel media sosial TikTok (X) dengan referensi trend hijab (Y) yaitu sebesar 0,790 maka bentuk hubungan variabel X dan Y adalah positif, yang artinya semakin kuat tingkat penggunaan media sosial TikTok maka akan semakin kuat pula referensi trend hijab mahasiswi. |
en_US |