dc.description.abstract |
Nurhafizah (12015050), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Pontianak). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk fashion secara online dikalangan mahasiswa (studi kasus pada mahasiswa FEBI IAIN Pontianak). Faktor-faktor yang akan dianalisis yaitu pengaruh faktor kemudahan, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online dikalangan mahasiswa (studi kasus pada mahasiswa FEBI IAIN Pontianak).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 94 mahasiswa aktif FEBI angkatan 2020-2023 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang dibagikan melalui google form dan dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 29.
Hasil pengujian dan analisis data menunjukkan bahwa: 1) Secara parsial faktor kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh nilai t-hitung 2,323 > t-tabel 1,990 dengan nilai signifikansi 0,022 < 0,05. 2) Secara parsial faktor harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh nilai t-hitung 2,027 > t-tabel 1,990 dengan nilai signifikansinya 0,027 < 0,05. 3) Secara parsial faktor promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh nilai nilai t-hitung 2,926 > t-tabel 1,990 dengan nilai signifikansinya 0,004 < 0,05. 4) Secara simultan faktor kemudahan, harga, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online dibuktikan dengan uji f diperoleh nilai f-hitung 21,002 > f-tabel 2,71 dengan nilai signifikansinya 0,001 < 0,05. |
en_US |