KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Waldan, Raziki
dc.contributor.advisor Wardi, Suhra
dc.contributor.advisor Amin, Faizal
dc.contributor.advisor Hanifah, Siti
dc.contributor.author SULISTIAWATI, SITI ENDANG
dc.date.accessioned 2024-09-19T03:43:02Z
dc.date.available 2024-09-19T03:43:02Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5157
dc.description.abstract SITI ENDANG SULISTIAWATI, NIM 11733029, Kualitas Pelayanan Publik Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Ambawang, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang dilihat dari dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) pada pelayanan publik Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Ambawang. Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan bagian dari instansi pemerintah daerah yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat. KUA sebagai ujung tombak Kementrian Agama dalam melayani masyarakat dibidang keagamaan harus memberikan pelayanan yang berkualitas. Namun di KUA Kecamatan Sungai Ambawang masih ada pegawai yang masih belum menguasai alat bantu pelayanan, pelayanan yang tidak tepat waktu yang menyebabkan produk layanan sering terlambat dari waktu yang ditetapkan sebelumnya, serta ruang tunggu pelayanan yang sempit dan panas. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai kualitas pelayanan publik Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Ambawang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala KUA, Pegawai Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Ambawang dan sejumlah pengguna layanan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Ambawang berdasarkan dari dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Ada beberapa indikator yang belum berjalan dengan baik antara lain infrastruktur yang belum memadai, sitem administrasi yang perlu diperbaiki, kedisiplinan petugas dalam melayani, keluhan masyarakat terkait pelayanan yang lambat, dan trasnsparansi yang sering muncul, yang menunjukan adanya kebutuhan untuk evaluasi dan perbaikan kualita pelayanan di KUA Kecamatan Sungai Ambawang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kualitas pelayanan en_US
dc.subject KUA Kecamatan Sungai Ambawang en_US
dc.title KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account