dc.description.abstract |
SITI ENDANG SULISTIAWATI, NIM 11733029, Kualitas Pelayanan
Publik Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Ambawang, Fakultas
Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,
2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang
dilihat dari dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) pada pelayanan publik
Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Ambawang. Kantor Urusan Agama
(KUA) merupakan bagian dari instansi pemerintah daerah yang bertugas
memberikan pelayanan kepada masyarakat. KUA sebagai ujung tombak
Kementrian Agama dalam melayani masyarakat dibidang keagamaan harus
memberikan pelayanan yang berkualitas. Namun di KUA Kecamatan Sungai
Ambawang masih ada pegawai yang masih belum menguasai alat bantu
pelayanan, pelayanan yang tidak tepat waktu yang menyebabkan produk layanan
sering terlambat dari waktu yang ditetapkan sebelumnya, serta ruang tunggu
pelayanan yang sempit dan panas. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik
untuk meneliti lebih lanjut mengenai kualitas pelayanan publik Kantor Urusan
Agama Kecamatan Sungai Ambawang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode
kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah
Kepala KUA, Pegawai Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Ambawang dan
sejumlah pengguna layanan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Ambawang berdasarkan dari
dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) belum sepenuhnya
berjalan dengan baik. Ada beberapa indikator yang belum berjalan dengan baik
antara lain infrastruktur yang belum memadai, sitem administrasi yang perlu
diperbaiki, kedisiplinan petugas dalam melayani, keluhan masyarakat terkait
pelayanan yang lambat, dan trasnsparansi yang sering muncul, yang menunjukan
adanya kebutuhan untuk evaluasi dan perbaikan kualita pelayanan di KUA
Kecamatan Sungai Ambawang. |
en_US |