WHATSAPP SEBAGAI MEDIA DALAM LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Barriyati, Barriyati
dc.contributor.advisor Irfani, Amalia
dc.contributor.advisor Saputra, Randi
dc.contributor.author NANDRIYANI, WIDY
dc.date.accessioned 2024-09-17T01:56:13Z
dc.date.available 2024-09-17T01:56:13Z
dc.date.issued 2024-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5142
dc.description.abstract WIDY NANDRIYANI (12006004). Efektivitas media WhatsApp sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling pada peserta didik kelas X MAN 1 PONTIANAK. WhatsApp sebagai aplikasi yang paling diminati di kalangan masyarakat, termasuk peserta didik MAN 1 Pontianak. Kebanyakan sekolah masih menggunakan bimbingan tatap muka dengan guru BK, namun di MAN 1 layanan BK sudah menggunakan aplikasi WhatsApp setiap satu minggu sekali. Dengan begitu WhatsApp dapat di manfaatkan guru sebagai sarana atau penyebaran informasi kepada peserta didik di grup WA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif layanan informasi yang di berikan dengan media whatsapp pada layanan 1) bidang pribadi 2) bidang karir.3) bidang belajar.4) bidang sosial Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 352 peserta didik, sampel yang di gunakan sebanyak 45 peserta didik dari kelas A sampai I. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan , redokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan analisis uji validitas, reabilitas dan frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) bahwa efektifitas media WhatsApp sebagai layanan dan bimbingan konseling di kelas X MAN 1 Pontianak, peserta didik kelas X di bidang pribadi dengan materi mengenal lingkungan baru yaitu memiliki skor 79,1% untuk proses pembelajaran dan 84% untuk hasil pembelajaran sedangkan kepercayaan diri memiliki skor 81,78% proses pembelajaran dan 80,4% untuk hasil pembelajaran dengan kategori tinggi.2) bidang karir memiliki materi memilih jurusan yaitu dengan skor 84% untuk hasil pembelajaran dan 87,1% hasil pembelajaran memasuki kategori tinggi.3) bidang belajar memiliki 2 materi yaitu cara belajar efektif 88% proses pembelajaran dan 91,6 hasil pembelajaran dengan kategori tinggi. 4) bidang sosial dengan materi bullying memiliki skor 84% proses pembelajaran dan 87,1% untuk hasil pembelajaran dengan kategori tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject WhatsApp en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Bimbingan dan konseling en_US
dc.title WHATSAPP SEBAGAI MEDIA DALAM LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account