Pendidikan Islam Pragmatis dalam Pelaksanaan Pembinaan Masyarakat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zaenuddin, Zaenuddin
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.author Sukarno, Muhd
dc.date.accessioned 2024-09-12T03:59:41Z
dc.date.available 2024-09-12T03:59:41Z
dc.date.issued 2024-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5129
dc.description.abstract Muhd. Sukarno, dengan Nim 2214100674. Pendidikan Islam Pragmatis dalam Pelaksanaan Pembinaan Masyarakat (Kajian Analisis Kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Agama Islam Di Kecamatan Pinoh Utara) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk melihat unsur pendidikan, khususnya model pendidikan Islam Pragmatis dalam pelaksanaan pembinaan masyarakat yang dalam hal ini lebih spesifik pada kegiatan bimbingan dan penyuluhan agama Islam di Kecamatan Pinoh Utara. Karena selama ini penelitian tentang kegiatan bimbingan dan penyuluhan agama Islam lebih diidentikan ke dalam ranah kajian bidang dakwan bukan ranah kajian pendidikan. Tujuan adalah 1) untuk mendeskripsikan bentuk pendidikan Islam pragmatis dalam kegiatan bimbingan dan penyuluhan agama Islam di Kecamatan Pinoh Utara, 2) Untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi terbentuknya pendidikan Islam pragmatis pada pelaksanaan kegiatan bimbingan kemasyarakatan di Kecamatan Pinoh Utara, 3) Untuk mengetahui bagaimana dampak dari pendidikan Islam pragmatis dalam kegiatan bimbingan dan penyuluhan agama terhadap aspek religius dan intelektual masyarakat Kecamatan Pinoh Utara. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan studi kasus (case study). Sumber datanya terdiri dari Penyuluh Agama Islam Non PNS, Kepala KUA, tokoh masyarakat, ketua Majelis Taklim, dan jamaah Majelis Taklim Kecamatan Pinoh Utara. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunaka adalah reduksi data, display data, kesimpulan atau perumusan data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Bentuk Pendidikan Islam Pragmatis Dalam Kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Agama di Kecamatan Pinoh Utara, yaitu Kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan yang Kontekstual, Pemberdayaan Masyarakat dan Kolaborasi Antarlembaga. 2) Faktor yang melatarbelakangi terbentuknya Pendidikan Islam Pragmatis Dalam Kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Agama di Kecamatan Pinoh Utara adalah Kebutuhan Masyarakat Akan Pendidikan yang Aplikatif, Kebutuhan Ekonomi, dan Peran Penyuluh Agama Islam dan Masyarakat. 3) Dampak Pendidikan Islam Pragmatis Dalam Kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Agama di Kecamatan Pinoh Utara terhadap pengembangan intelektual dan relegius masyarakat Kecamatan Pinoh Utara adalah Peningkatan Kualitas Kehidupan Keberagamaan Masyarakat yang ditandai dengan peningkatan pemahaman dan pengamalan keagamaan masyarakat dan Pengakuan Pemerintah dan Masyarakat tentang Eksistensi Penyuluh Agama dan Kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pendidikan Islam Pragmatis en_US
dc.subject Kegiatan Bimbingan en_US
dc.subject Penyuluhan Agama en_US
dc.title Pendidikan Islam Pragmatis dalam Pelaksanaan Pembinaan Masyarakat en_US
dc.title.alternative Kajian Analisis Kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Agama Islam Di Kecamatan Pinoh Utara en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account