dc.description.abstract |
MUHAMMAD HAFIZ AKBARIANTO, NIM. 11731053. “Makna Pesan moral dalam iklan Unsung Hero dari Thai Life Insurance (analisis semiotika Charles Sander Peirce ”. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang (1) Untuk mengetahui apa saja pesan moral yang terdapat dalam iklan Unsung Hero dari Thai Life Insurance; (2) Untuk mengetahui bagaimana penyampaian dari pesan moral yang disampaikan dalam iklan Unsung Hero dari Thai Life Insurance.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika Charles Sander Pierce. Dalam penelitian ini yang menjadi objeknya adalah sebuah iklan yaitu iklan Unsung Hero dari Thai Life Insurance. Penelitian ini menggunakan Teknik dalam pengumpulan datanya yaitu dengan proses melakukan observasi pada cuplikan atau adegan yang mengandung pesan moral dan setelah menemui adegan yang mengandung pesan moral lalu peneliti mendokumentasikan adegan-adegan atau cut scane yang mengandung pesan moral tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada iklan Unsung Hero dari Thai Life Insurance (1) terdapat 8 pesan moral yakni, pesan moral untuk sabar, pesan moral untuk menolong sesama, pesan moral untuk memberi makan kepada hewan, pesan moral berbagi kepada pengemis, pesan moral berbuat baiksetiap hari, pesan moral berbuat baik walau tidak menjadi apa-apa, pesan moral balasan dari berbuat baik, dan pesan moral memiliki yang uang tidak bisa beli. (2) Penyampaian 8 pesan moral pada iklan ini bisa dilihat melalui tanda atau bagaimana sikap dari pria tersebuat. Sikap pria tersebut mencermintakan hal yang baik ditiru. Karena sesuai dengan apa yang dianjurkan. Karena bisa menjadi suri tauladan dan disetiap kebaikan akan selalu ada balasan walau terlihat tidak menjadi apa-apa. |
en_US |