dc.description.abstract |
Proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi
yaitu proses penyampaian pesan ke penerima pesan melalui
pembelajaran tertentu. Mengingat betapa pentingnya kelancaran
proses pembelajaran maka para ahli pendidikan berupaya untuk
memunculkan inovasi-inovasi baru demi tercapainya materi ajar
peserta didik agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar,
efektif, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
strategi pembelajaran membaca al-dan menghafal al Qur’an di yayasan
Pendidikan Islam Baitur Rahman kuala mandor B. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis Miles
dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data
dan verifikasi atau kesimpulan. Penemuan penelitian ini adalah bahwa
strategi pembelajaran membaca al-Qur’an memerlukan persiapan
pembelajan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, evaluasi hasil
program pembelajaran, perbaikan program kegiatan pembelajaran,
serta faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pembelajaran.xii M u k h t a r
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan
pelaksanaan strategi dalam meningkatkan Kemampouan Membaca
dan menghafal Al-Qur’an di Yayasan Pendidikan Islam Baitur
Rahman Kuala Mandor B 2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi
kelompok kecil dalam meningkatkan kemampuam membaca dan
menghafal Al-Qur’an di Yayasan Pendidikan Islam Baitur Rahman
Kuala Mandor B. 3) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi individu
dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menhafal Al-Qur’an
di Yayasan Pendidikan Islam Baitur Rahman Kuala Mandor B
Penelitian ini adalah bersifat kualitatif yaitu penelitian yang
memberikan gambaran tentang stimulus dan kejadian faktual serta
sistematis mengenai adanya faktor- faktor, adanya sifat-sifat, serta
hubungan-hubungan antara fenomena-fenomena yang dimiliki
untuk melakukan penelitian yang sangat dasar, hal ini sering juga
disebut yang namanya penelitian naturalistik dikarenakan penelitian
dilakukan pada penelitian secara alamiah, Penelitian ini menyajikan
gambaran-gambaran berupa data tertulis/lisan atau pembicaraan
dari informan dikarenakan penelitian ini bertujuan memberikan
pandangan secara lengkap dan sangat mendalam mengenai subyeksubyek yang diteliti atau yang akam diteliti.
Hasil penelitian yang dilakukan di Yayasan Pendidikan Islam
Baitur Rahman Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu
Raya menunjukkan bahwa yang menjadi Strategi para guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada siswa atau santri,
beberapa strategi yang digunakan yaitu: strategi kartu huruf. Dengan
menggunakan kartu huruf berwarna akan membuat siswa lebih cepatM u k h t a r xiii
mengingat huruf-huruf Hijaiyah sehingga dalam membuat suku kata
menjadi kalimat akan lebih mudah. Strategi menulis berulang ulang
dan dalam setiap pembelajaran yang ada tidak lepas dari campur
tangan media sebagai perantara dalam menyampaikan informasi
atau materi pelajaran kepada siswa, Cara kemampuan siswa dalam
menghafal dan memahami hafalannya berbeda-beda ada yang berani
maju kedapan kelas dan ada juga merasa takut di karenakan temantemannya mentertawakan saat maju di depan kelas, maka dari itu
diperlukan nya strategi guru dalam mempermudah siswa untuk
menghafal. Strategi yang guru Al-Qur‟an gunakan dalam hafalan AlQur‟an siswa dengan menggunakan 4 metode yaitu menggunakan,
kitabah, jamai, talaqqi.
Kesimpulan Strategi guru dalam meningkatkan kemmampuan
membaca al qur’an, Strategi dengan kartu huruf yang berwarna,
Strategi gambar yang menarik dan gambar yang ada dibuku, Strategi
benda nyata yang ada dilingkungan sekolah, Strategi nyanyian/
bernyanyi dari materi yang diajarkan, Strategi yang guru Al-Qur‟an
gunakan dalam hafalan Al- Qur‟an siswa dengan menggunakan 4
metode yaitu menggunakan, kitabah, jamai, talaqqi |
en_US |