STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM BAITUR RAHMAN KUALA MANDOR B

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino,Sukino
dc.contributor.advisor Amin, Faizal
dc.contributor.author MUKHTAR,MUKHTAR
dc.date.accessioned 2024-09-09T08:14:30Z
dc.date.available 2024-09-09T08:14:30Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5106
dc.description.abstract Proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi yaitu proses penyampaian pesan ke penerima pesan melalui pembelajaran tertentu. Mengingat betapa pentingnya kelancaran proses pembelajaran maka para ahli pendidikan berupaya untuk memunculkan inovasi-inovasi baru demi tercapainya materi ajar peserta didik agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar, efektif, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran membaca al-dan menghafal al Qur’an di yayasan Pendidikan Islam Baitur Rahman kuala mandor B. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Penemuan penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran membaca al-Qur’an memerlukan persiapan pembelajan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, evaluasi hasil program pembelajaran, perbaikan program kegiatan pembelajaran, serta faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pembelajaran.xii M u k h t a r Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi dalam meningkatkan Kemampouan Membaca dan menghafal Al-Qur’an di Yayasan Pendidikan Islam Baitur Rahman Kuala Mandor B 2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi kelompok kecil dalam meningkatkan kemampuam membaca dan menghafal Al-Qur’an di Yayasan Pendidikan Islam Baitur Rahman Kuala Mandor B. 3) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi individu dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menhafal Al-Qur’an di Yayasan Pendidikan Islam Baitur Rahman Kuala Mandor B Penelitian ini adalah bersifat kualitatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran tentang stimulus dan kejadian faktual serta sistematis mengenai adanya faktor- faktor, adanya sifat-sifat, serta hubungan-hubungan antara fenomena-fenomena yang dimiliki untuk melakukan penelitian yang sangat dasar, hal ini sering juga disebut yang namanya penelitian naturalistik dikarenakan penelitian dilakukan pada penelitian secara alamiah, Penelitian ini menyajikan gambaran-gambaran berupa data tertulis/lisan atau pembicaraan dari informan dikarenakan penelitian ini bertujuan memberikan pandangan secara lengkap dan sangat mendalam mengenai subyeksubyek yang diteliti atau yang akam diteliti. Hasil penelitian yang dilakukan di Yayasan Pendidikan Islam Baitur Rahman Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya menunjukkan bahwa yang menjadi Strategi para guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada siswa atau santri, beberapa strategi yang digunakan yaitu: strategi kartu huruf. Dengan menggunakan kartu huruf berwarna akan membuat siswa lebih cepatM u k h t a r xiii mengingat huruf-huruf Hijaiyah sehingga dalam membuat suku kata menjadi kalimat akan lebih mudah. Strategi menulis berulang ulang dan dalam setiap pembelajaran yang ada tidak lepas dari campur tangan media sebagai perantara dalam menyampaikan informasi atau materi pelajaran kepada siswa, Cara kemampuan siswa dalam menghafal dan memahami hafalannya berbeda-beda ada yang berani maju kedapan kelas dan ada juga merasa takut di karenakan temantemannya mentertawakan saat maju di depan kelas, maka dari itu diperlukan nya strategi guru dalam mempermudah siswa untuk menghafal. Strategi yang guru Al-Qur‟an gunakan dalam hafalan AlQur‟an siswa dengan menggunakan 4 metode yaitu menggunakan, kitabah, jamai, talaqqi. Kesimpulan Strategi guru dalam meningkatkan kemmampuan membaca al qur’an, Strategi dengan kartu huruf yang berwarna, Strategi gambar yang menarik dan gambar yang ada dibuku, Strategi benda nyata yang ada dilingkungan sekolah, Strategi nyanyian/ bernyanyi dari materi yang diajarkan, Strategi yang guru Al-Qur‟an gunakan dalam hafalan Al- Qur‟an siswa dengan menggunakan 4 metode yaitu menggunakan, kitabah, jamai, talaqqi en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject strategi Meningkan Kemampuan membaca dan mengahafal Al Qur’an en_US
dc.title STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM BAITUR RAHMAN KUALA MANDOR B en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account