PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL, GAYA HIDUP DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA FITUR SPAYLATER MASYARAKAT KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Azimi, Aulia
dc.contributor.advisor Khairunnisa, Dina
dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.advisor Jayanti, Fitri
dc.contributor.author MAULIDA, FITRIA
dc.date.accessioned 2024-09-04T05:10:37Z
dc.date.available 2024-09-04T05:10:37Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5079
dc.description.abstract Fitria Maulida (12003017), Pengaruh Lingkungan Sosial, Gaya Hidup dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Fitur Spaylater Kota Pontianak . Skripsi: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024. Perilaku konsumtif merupakan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk barang atau jasa secara merlebihan, yang mendahulukan keinginan dari pada kebutuhan. Ada beberapa faktor yang memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumtif masyarakat pengguna fitur Spaylater antara lain lingkungan sosial, gaya hidup dan motivasi belanja hedonis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan sosial secara parsial terhadap perilaku konsumtif pengguna fitur Spaylater masyarakat Kota Pontianak. 2) Pengaruh gaya hidup secara parsial terhadap perilaku konsumtif pengguna fitur Spaylater masyarakat Kota Pontianak. 3) Pengaruh motivasi belanja hedonis secara parsial terhadap perilaku konsumtif pengguna fitur Spaylater masyarakat Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunaka adalah metode kuantitatif, jenis pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non probality Sampling, dengan jumlah responden 100 orang yang diambil dari masyarakat Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data dilakukan denga penyebaran kuesioner yang diolah menggunakan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan sosial berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif pengguna fitur Spaylater masyarakat Kota Pontianak dengan uji t nilai signifikan sebesar 0,044 < 0,05 dengan arah positif yaitu sebesar 0,242. 2) Gaya hidup berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif pengguna fitur Spaylater masyarakat Kota Pontianak dengan uji t nilai signifikan sebesar 0,037 < 0,05 dengan arah positif yaitu sebesar 0,228. 3) Motivasi belanja hedonis berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif pengguna fitur Spaylater masyarakat Kota Pontianak dengan uji t nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dengan arah positif yaitu sebesar 0,446. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Lingkungan sosial en_US
dc.subject Gaya Hidup en_US
dc.subject Motivasi Belanja Hedonis en_US
dc.subject Perilaku Konsumtif. en_US
dc.title PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL, GAYA HIDUP DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA FITUR SPAYLATER MASYARAKAT KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account