dc.description.abstract |
Nor Fadhilah. 2224100717, Program Magister Pendidikan Agama islam, dengan Judul Pengembangan Modul Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Penanaman Nilai Moderasi Beragama di MIN I Kubu Raya
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kubu Raya dengan meneliti siswa kelas V yang berjumlah dua puluh orang siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran akidah akhlak Indahnya Berakhlak Terpuji (Disiplin Dan Mandiri) yang layak dan praktis yang digunakan setelah validasi oleh beberapa ahli dan uji respon dari siswa dan guru.
Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Reaserch and Depelovment (R&D) dari Borg and Gall yang diadopsi oleh sugiyono yakni sampai pada tahap ke tujuh, diantaranya: potensi masalah, pengumpulam data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk.
Penelitian ini dibatasi pada tahap uji coba lapangan terbatas yaitu kelayakan dan keperaktisan modul. Instrumen yang digunakan adalah angket uji coba kelayakan modul dan uji respon guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah tiga dosen IAIN Pontianak, yang terdiri dari satu validasi ahli materi, dua validasi ahli bahasa dan tiga validasi ahli media. Modul pembelajaran akidah akhlak materi Indahnya Berakhlak Terpuji (Disiplin Dan Mandiri) yang telah dikembangkan dan dinilai oleh para ahli dengan mendapatkan Hasil persentase yaitu: (ahli materi) 80%, ( ahli bahasa) 94%, (ahi media) 87,8% dengan kategori sangat layak.
Uji respon dari lima orang guru yaitu dua orang guru bidang studi akidah akhlak dan guru bidang studi lainnya mendapatkan rata-rata persentase 90,58% (sangat setuju) kategori sangat layak dan sangat setuju. Dan uji respon siswa dilakukan terhadap dua puluh orang siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kubu Raya dengan rata-rata persentase 87,88% (sangat setuju). Berdasarkan hasil uji coba kelayakan dan kepraktisan tersebut maka modul pembelajaran akidah akhlak materi Indahnya Berakhlak Terpuji (Disiplin Dan Mandiri) dinyatakan sangat layak dan siswa setuju sebagai modul pembelajaran untuk siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kubu Raya. |
en_US |