dc.description.abstract |
Syarifah Jumiati. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Kegiatan Pramuka Dewan Galang SMP Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Latar belakang penelitian ini adalah berkaitan dengan SMP Negeri 2 Pontianak yang merupakan sekolah yang memiliki keberagaman peserta didik memiliki latar belakang yang berbeda baik ekonomi, sosial, agama, etnis suku ras, budaya lan lainya. Meskipun mereka hidup dalam suatu lembaga pendidikan yang berlatar belakang berbeda-beda, tetapi mereka dapat menjalankan pendidikan dengan tentram dan damai seperti halnya pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dewan galang gugus depan bina siwi waluya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendapatkan dan mendeskripsikan data nilai-nilai pendidikan multikultural yang di implementasi kan dalam kegiatan Pramuka dewan galang SMP Negeri 2 Pontianak (2) Implementasi nilai-nilai pendidikan Multikultural dalam kegiatan pramuka dewan galang SMP Negeri 2 Pontianak (3) Dampak implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam kegiatan pramuka dewan galang SMP Negeri 2 Pontianak.
Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun olah data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dan member check,
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa nila-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam kegiatan pramuka dewan galang meliputi: (1) Nilai keimanan dan tanggung jawab dalam beragama, nilai toleransi dan demokrasi, nilai keadilan, kesetaraan dan nilai disiplin, nilai humanis, tanggung jawab dan nilai kerja keras, nilai kebersamaan, kekerabatan dan persaudaraan, nilai sikap sopan santun, nilai tolong menolong dan kerja sama, nilai kebangsaan dan persatuan (2) Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dewan galang dilakukan setiap kegiatan pramuka yaitu ishoma, upacara perkemahan, penugasan dan laporan, baris-berbaris, pionering, permainan kelompok, sikap dan komunikasi antar pembina siswa dan siswa senior serta musyawarah gudep (3) Dampak implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dewan galang yaitu terciptanya budaya menerima perbedaan, saling menghargai, tumbuhnya sikap adil, tumbuh sikap persatuaan, tumbuhnya sikap percaya, simpati dan empati dan terwujudnya keharmonisan dan kerukunan dalam beragama |
en_US |