dc.description.abstract |
Joni Iskandar. NIM 2204100604, 2023. Pengaruh Media Buku Kreasi Terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Di SD Islam Mu’tashim Billah Pontianak Selatan.
Tantangan era globalisasi pada masa kini ialah pesatnya ilmu pengetahuan dan inovasi dalam pembelajaran. Salah satunya media adalah alat pendukung dalam proses pembelajaran yang menjadi salah satu aspek dalam keberhasilan dalam pembelajaran yaitu media ajar. Media ajar adalah segala alat komunikasi yang digunakan pendidik dalam menyampaikan pesan atau mentransferkan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Bagian dari itu adalah Media Buku Kreasi buku yang dirancang untuk menyampaikan dan menjadi alat komunikasi untuk menyampaikan suatu informasi baik berupa ilmu pengetahuan dan bentuk pembelajaran untuk membantu guru dalam proses pembelajaran dengan memiliki ciri khas terdapat evaluasi dan games menarik.
Penelitian ini merupakan menggunakan metode Mixed Methods jenis Exploratory Sequential Design yang diawali dengan melakukan penelitian secara Kualitatif dilanjutkan dengan penelitian Kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas III dan Guru PAI di SD Islam Mu’tashim Billah Pontianak Selatan. Pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta kuesioner. Analisis data Kualitatif menggunakan model mengalir (Miles dan Huberman) dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan Kuantitatif uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas. Untuk pemeriksaan keabsahan data Kualitatif menggunakan triangulasi dan member check
sedangkan Kuantitatif uji EFA, CFA, Uji hipotesis dengan uji regresi liner untuk melihat pengaruh media buku kreasi.
Hasil penelitian 1. Ditemukan bahwa hasil indikator Prestasi Berbasis Buku Kreasi (PBBK) didapatkan bahwa memiliki 5 indikator yaitu Menjelaskan, Memberikan Contoh, Menghubungkan, Menyimpulkan dan Menghasilkan dengan dengan faktor analisis uji EFA, CFA senilai 0.731 lebih besar dari 0.50 dengan signifikansi sangat tinggi. 2. Ditemukan kelayakan indikator Motivasi Berbasis Buku Kreasi (MBBK) berjumlah 7 indikator adalah Semangat, Mendorong, Antusias, Aktif, Disiplin, Rajin, dan Tekun dengan faktor analisis uji EFA, CFA senilai 0.731 lebih besar dari 0.50 dengan kategori signifikansi sangat tinggi. 3. Terdapat Pengaruh Media Buku Kreasi terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar. Pengaruh Media Buku Kreasi (Y) terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar (X3) karena nilai signifikan pada tabel ANOVA 0,001 < 0,05 dan diperkuat dengan hasil dari tabel t hitung dengan t tabel 6.180 > 1.753. Kesimpulan Terdapat Pengaruh Media Buku Kreasi terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar. Begitu juga uji regresi untuk melihat pengaruh Media Buku Kreasi terhadap PPBK dan MBBK. Dengan begitu memiliki nilai yang sangat signifikansi bahwa menunjukkan Sum of Squares dengan nilai R 0.882 dan R Square 0.77 yang artinya memiliki nilai pengaruh dengan sangat tinggi. |
en_US |