EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MARI MELAKSANAKAN SALAT SISWA KELAS IV SDN 34 PONTIANAK SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Rahmap, Rahmap
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.author FERNANDA, RYAN
dc.date.accessioned 2024-08-13T08:06:28Z
dc.date.available 2024-08-13T08:06:28Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4959
dc.description.abstract Ryan Fernanda, dengan NIM 2204100605, 2020, Efektivitas penggunaan media pembelajaran YouTube pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Mari Melaksanakan Salat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv SDN 34 Pontianak Selatan Tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya hasil belajar yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti masih dilaksanakan secara konvensional. Selain hasi belajar yang belum maksimal anak kurang bersemangat didalam pembelajaran. Sebab daripada itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media video youtube yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif, dan metode yang digunakan eksperimen dengan model Quasi Eksperimen Design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, observasi, dan dokumen. Untuk alat pengumpulan data yaitu lembar tes, lembar observasi, lembar dokumentasi. Adapun analisis data secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penggunaan media youtube dibagi dua tahap yaitu perancangan dan penggunaan. Pada tahap perencanaan diawali dengan pembuatan video pembelajaran dilanjutkan dengan upload video ke aplikasi youtube, dan menjelaskan langkah- langkah penggunaan media youtube. Selanjutnya tahap penggunaan pada saat proses pembelajaran diawali kegiatan pembuka, dilanjutkan dengan kegiatan inti (media youtube digunakan), dan terakhir kegiatan penutup. Pada saat pembelajaran penggunaan media youtube berjalan dengan baik. 2) Menganalisis hasil belajar siswa, pertama dengan analisis deskriptif pada kelas eksperimen nilai pretest 5,429 dan nilai posttest 7,571 . Adapun pada kelas kontrol nilai pretest 5,200 dan nilai posttest 6,257. 3) Selanjutnya mengukur efektivitas media youtube terhadap hasil. Hasil dari keefektivitasan media youtube terhadap belajar siswa yaitu sebesar 20%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Media Pembelajaran Youtube en_US
dc.subject Hasil Belajar. en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MARI MELAKSANAKAN SALAT SISWA KELAS IV SDN 34 PONTIANAK SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account