dc.description.abstract |
Fitria Ramadhani. 2024. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MIS Nurul Yaqin Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Kecamatan Bunut Hilir merupakan salah satu kecamatan yang tiap 2 tahun sekali selalu mengadakan seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Bunut Hilir. Tentunya MIS Nurul Yaqin Nanga Bunut ini selalu mengutuskan para siswa-siswi nya untuk mengikuti ajang lomba tersebut yang mana siswa-siswi itu adalah yang mengikuti ekstrakurikuler tilawah, ekstrakurikuler tilawah merupakan pembelajaran yang dilaksanakan di bawah tanggung jawab dan bimbingan sekolah. Ekstrakurikuler tilawah ini adalah program yang diadakan di luar jam pelajaran. Tetapi siswa-siswi yang ikut tingkat kecamatan tersebut belum pernah berhasil di ikut sertakan pada tingkat kabupaten sehingga tidak terlalu banyak yang berhasil menjuarai di tingkat kecamatan, maka dari itu perlu di tingkatkan lagi keterampilan dalam ber tilawah Al-Qur’an tersebut bagi siswa-siswi yang ikut ekstrakurikuler di MIS Nurul Yaqin Nanga Bunut. Berdasarkan dari hal tersebut maka peneliti tertarik melakukan penelitian di MIS Nurul Yaqin Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir yang menerapkan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an di MIS Nurul Yaqin Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir. (2) Mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an di MIS Nurul Yaqin Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir. (3) Mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an di MIS Nurul Yaqin Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian studi kasus (case study) dengan menggunakan Teknik pengumpulan data yang berupa pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi (documentation). Analisis data dilakukan dengan Langkah reduksi data (reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion).
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an di MIS Nurul Yaqin Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir meliputi: Menentukan jadwal yang sudah ditentukan, menentukan lokasi atau tempat kegiatan yang dilaksanakan, dan memilih metode, media, dan materi ajar yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tersebut. 2) Langkah-langkah pelaksanaan
vii
kegiatan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an di MIS Nurul Yaqin Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir terdiri dari 4 pertemuan yang mana 1 pertemuan terdiri dari 3 langkah-langkah kegiatan yakni kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an di MIS Nurul Yaqin Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir menggunakan tes lisan dengan pembacaan Al-Qur’an sesuai dengan pembelajaran yang telah diajarkan oleh guru (pembimbing) pada setiap pertemuan pembelajaran. |
en_US |