dc.description.abstract |
RIMA SAPITRI 2024: PENGARUH PROMOSI GADAI EMAS TERHADAP MINAT NASABAH DI PT. BANK SYARIAH INDONESIA KC. KETAPANG.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh promosi terhadap minat nasabah menggadaikan emas pada produk layanan gadai emas Bank Syariah Indonesia KC. Ketapang serta mengetahui seberapa besar pengaruh dari promosi gadai emas terhadap minat nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KC. Ketapang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Metode penelitian ini didasarkan pada filosofi positivisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan serta library research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 870 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bank Syariah Indonesia melaksanakan promosi melalui periklanan, penjualan personal, promosi dengan sales promotion serta melakukan komunikasi menyeluruh untuk dapat mempengaruhi konsumen (Publisitas). Berdasarkan hasil uji analisis R (Square) bahwa variabel promosi memiliki pengaruh hubungan yang cukup kuat sebesar 52,67% terhadap minat nasabah dalam menggadaikan emas pada produk layanan gadai emas PT. Bank Syariah Indonesia KC. Ketapang. |
en_US |