dc.description.abstract |
AHMAD MAULID. 1173008. Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XII Al-Adabiy Pontianak. Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024/1446 H
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Tingkat motivasi belajar pada siswa kelas XII MA Al-Adabiy Pontianak. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa mayoritas berdasarkan data hipotetik 38 subjek (81%) memiliki tingkat motivasi belajar yang sedang sedangkan 9 subjek (19%) lainnya memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar pada siswa kelas XII MA Al-Adabiy Pontianak termasuk dalam kategori sedang.
Tingkat motivasi belajar siswa berdasarkan aspek hasrat dan keinginan untuk berhasil. Motivasi belajar dibagi menjadi tiga kategori: rendah, sedang, dan tinggi. Pada kategori rendah, yang mencakup skor di bawah 12 (X < 12), tidak ada siswa yang masuk, sehingga persentasenya adalah 0%. Kategori sedang mencakup skor antara 12 hingga kurang dari 18 (12 ≤ X < 18), dengan sebanyak 26 siswa atau 55% dari total siswa masuk dalam kategori ini. Kategori tinggi mencakup skor di atas 18 (18 < X), dengan 21 siswa atau 45% dari keseluruhan siswa yang termasuk dalam kategori ini.
Secara keseluruhan, dari total 47 siswa yang diteliti, mayoritas memiliki tingkat motivasi belajar sedang (55%), diikuti oleh siswa dengan tingkat motivasi tinggi (45%), sementara tidak ada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki motivasi yang cukup baik untuk belajar, dengan proporsi yang signifikan juga menunjukkan motivasi tinggi |
en_US |