ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA (STUDI PADA SISWA KELAS IX SMPN 2 PENGKADAN KECAMATAN PENGKADAN KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN AJARAN 2022/2023)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author SUHARDI, SUHARDI
dc.date.accessioned 2024-07-22T07:26:45Z
dc.date.available 2024-07-22T07:26:45Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4871
dc.description.abstract SUHARDI, Analisis Faktor Kesulitan Membaca Al-Qur’an Dan Solusinya (Studi Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pengkadan Kecamatan Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Ajaran 2022/2023). Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di kelas IX SMP Negeri 2 Pengkadan diidentifikasi memiliki beberapa faktor kesulitan membaca Al-Qur’an. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : Pertama, Apa saja faktor internal yang mempengaruhi kesulitan membaca Al-Qur’an dan solusinya pada siswa SMP Negeri 2 Pengkadan Kecamatan Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Ajaran 2022/2023. Kedua, Apa saja faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan membaca Al-Qur’an dan solusinya pada siswa SMP Negeri 2 Pengkadan Kecamatan Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sebagai analisis untuk memberikan sebuah jawaban atas permasalahan yang telah dibentangkan. Dengan kata lain penelitian ini berstrategi menggambarkan, menguraikan suatu keadaan yang berdasarkan fakta dan informasi yang diperoleh dari lapangan sehingga kemudian dianalisis. Dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan rumusan masalah, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemgamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah member check dan triangulasi. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) faktor internal kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an yaitu siswa kesulitan mengeja huruf hijaiyah, terganggunya indra pengucapan, tidak bisa membedakan huruf hijaiyah disebabkan persamaan ciri dan bentuk, kesulitan memahami perubahan bentuk huruf hijaiyah yang bersambung dengan huruf hijaiyah yang lain, tidak menyukai kegiatan belajar membaca Al-Qur’an, tidak mempunyai rasa percaya diri pada saat membaca Al-Qur’an, tidak ada semangat atau motivasi dari dalam diri siswa untuk bisa membaca Al-Qur’an, tidak konsentrasi dan faktor kelelahan. Solusinya ialah dengan cara belajar di rumah atau belajar ke guru ngaji yang pandai dalam penyebutan makharijul huruf dan membaca Al-Qur’an. 2) faktor eksternal kesulitan siswa membaca Al-Qur’an yaitu faktor sekolah dan faktor lingkungan sosial. Sedangkan solusinya ialah dengan cara memerintahkan kepada anak-anak maupun peserta didik untuk selalu membacakannya di rumah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Analisis en_US
dc.subject Faktor kesulitan membaca Al-Qur’an. en_US
dc.title ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA (STUDI PADA SISWA KELAS IX SMPN 2 PENGKADAN KECAMATAN PENGKADAN KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN AJARAN 2022/2023) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account