dc.description.abstract |
FIKRI FADIAN. Pengaruh Pemanfaatan Chat GPT Terhadap Kinerja Guru PAI Di Kecamatan Segedong. Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana kinerja guru PAI dalam penyusunan modul ajar di kecamatan Segedong sebelum memanfaatkan Chat GPT. 2) Bagaimana pemanfaatan Chat GPT oleh guru PAI di Kecamatan Segedong. 3) Bagaimana kinerja guru PAI dalam penyusunan modul ajar di Kecamatan Segedong sesudah memanfaatkan Chat GPT. 4) Apakah terdapat pengaruh dari pemanfaatan Chat GPT terhadap kinerja guru PAI dalam penyusunan modul ajar di Kecamatan Segedong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru SD mata pelajaran PAI Kecamatan Segedong yang berjumlah 22 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pedoman observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistik 29.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kinerja guru PAI dalam penyusunan modul ajar di Kecamatan Segedong sebelum memanfaatkan Chat GPT berkategori “Baik” dengan nilai presentasi sebesar 88,27%. 2) Pemanfaatan Chat GPT yang dilakukan oleh guru PAI di Kecamatan Segedong untuk menyusun modul ajar berkategori “Sangat Baik” dengan mendapat nilai presentasi sebesar 100%. 3) Kinerja guru PAI dalam penyusunan modul ajar di Kecamatan Segedong sesudah memanfaatkan Chat GPT berkategori “Sangat Baik” dengan nilai presentasi sebesar 94,7%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan Chat GPT terhadap kinerja guru PAI dalam penyusunan modul ajar di Kecamatan Segedong. |
en_US |