dc.description.abstract |
SARIKA PUTRI, Regresi Linear Sederhana Untuk Menganalisis Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Limit Fungsi Aljabar: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang terjadi di kelas XI IPS MAN 2 Kapuas Hulu, yaitu peserta didik mengalami kurangnya pemahaman dan nilai yang rendah pada materi limit fungsi aljabar, yang disebabkan oleh sifat konsep yang abstrak dan kurangnya visualisasi konsep. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) penggunaan aplikasi geogebra di kelas XI IPS pada materi limit fungsi aljabar; 2) prestasi belajar kelas XI IPS pada materi limit fungsi aljabar; 3) signifikansi pengaruh penggunaan aplikasi geogebra terhadap prestasi belajar; dan 4) besar pengaruh penggunaan aplikasi geogebra terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian experimen yang menggunakan quasi experimental design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi, yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) observasi; 2) tes; dan 3) studi dokumen. Instrumen yang peneliti gunakan, yaitu: 1) lembar observasi; 2) soal tes essay; dan 3) perangkat elektronik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti, yaitu: 1) analisis instrumen (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda); 2) analisis deskriptif (mean dan persentase); dan 3) analisis inferensial (uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, persamaan regresi, uji koefisien regresi (hipotesis uji dan kriteria uji), dan koefisien determinasi).
Berdasarkan pada analisis data yang dilakukan, maka diperoleh: 1) penggunaan aplikasi geogebra menunjukkan kualitas penggunaan aplikasi yang sangat baik dengan rata-rata 1 dan persentase sebesar 100%; 2) prestasi belajar peserta didik rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 54,57 dan kelas eksperimen sebesar 51,86, kriteria sangat kurang, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol 76,06 kriteria baik, dan rata-rata posttest kelas eksperimen 90,11 kriteria sangat baik; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan aplikasi geogebra dengan nilai signifikansi sebesar (0,000)<0,05; 4) nilai 𝑅2 sebesar 0,424 yang berarti penggunaan aplikasi geogebra mempengaruhi prestasi belajar peserta didik pada materi limit fungsi aljabar sebesar 42,4%. |
en_US |