PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDIT KHULAFAUR RASYIDIN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author PURNAWATI, RETNO TRY
dc.date.accessioned 2024-07-18T02:34:00Z
dc.date.available 2024-07-18T02:34:00Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4859
dc.description.abstract Retno Try Purnawati. 12001360. Pengaruh Media Pembelajaran Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kelas II PAda Mata Pelajaran PAI Di SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book pada peserta didik kelas II mata pelajaran PAI di SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak. 2) Hasil belajar peserta didik kelas ii pada mata pelajaran PAI di SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak. 3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book terhadap hasil belajar peserta didik PAI di SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis eksperimen yaitu eksperimental semu (quasiexperimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yaitu variabel independen (X) untuk media pembelajaran pop-up book dan variabel dependen (Y) untuk hasil belajar peserta didik kelas II. Populasi penelitian ini berjumlah 40 peserta didik di kelas II SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak dan sampel sebanyak 20 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes (soal benar salah), observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ialah sebagai berikut: 1) Analisis Instrumen, 2) Analisis Deskriptif, 3) Analisis Prasyarat Data 4) Uji Hipotesis. Temuan penelitian yaitu: 1) Seacara keseluruhan penggunaan media pembelajaran pop-up book berjalan 93,4% yang dikategorikan sangat baik sesuai dengan Modul Ajar yang telah peneliti buat. 2) Hasil belajar peserta didik di kelas control pada mata pelajaran PAI materi berdoa setelah sholat memperoleh nilai persentase 81,64% yang dikategorikan sangat baik. Hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen pada mata pelajaran PAI materi berdoa setalah sholat memperoleh nilai persentase 87% yang dikategotikan sangat baik. 3) Pengaruh media pembelajaran pop-up book terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas II di SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak sebesar 0,003 < 0,05, maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran pop-up book terhadap hasil belajar peserta didik kelas II pada mata pelajaran PAI di SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Pop-Up Book en_US
dc.subject Hasil en_US
dc.subject belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDIT KHULAFAUR RASYIDIN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account