dc.description.abstract |
Retno Try Purnawati. 12001360. Pengaruh Media Pembelajaran Pop-
Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kelas II PAda Mata
Pelajaran PAI Di SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak. Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Penggunaan media
pembelajaran Pop-Up Book pada peserta didik kelas II mata pelajaran PAI di
SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak. 2) Hasil belajar peserta didik kelas ii
pada mata pelajaran PAI di SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak. 3) Pengaruh
penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book terhadap hasil belajar peserta
didik PAI di SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang
menggunakan jenis eksperimen yaitu eksperimental semu (quasiexperimental)
dengan desain Nonequivalent Control Group Design untuk
mengetahui pengaruh antara dua variabel yaitu variabel independen (X) untuk
media pembelajaran pop-up book dan variabel dependen (Y) untuk hasil
belajar peserta didik kelas II. Populasi penelitian ini berjumlah 40 peserta
didik di kelas II SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak dan sampel sebanyak 20
peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes
(soal benar salah), observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
pada penelitian ialah sebagai berikut: 1) Analisis Instrumen, 2) Analisis
Deskriptif, 3) Analisis Prasyarat Data 4) Uji Hipotesis.
Temuan penelitian yaitu: 1) Seacara keseluruhan penggunaan media
pembelajaran pop-up book berjalan 93,4% yang dikategorikan sangat baik
sesuai dengan Modul Ajar yang telah peneliti buat. 2) Hasil belajar peserta
didik di kelas control pada mata pelajaran PAI materi berdoa setelah sholat
memperoleh nilai persentase 81,64% yang dikategorikan sangat baik. Hasil
belajar peserta didik di kelas eksperimen pada mata pelajaran PAI materi
berdoa setalah sholat memperoleh nilai persentase 87% yang dikategotikan
sangat baik. 3) Pengaruh media pembelajaran pop-up book terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas II di SDIT Khulafaur
Rasyidin Pontianak sebesar 0,003 < 0,05, maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima.
Artinya terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran pop-up
book terhadap hasil belajar peserta didik kelas II pada mata pelajaran PAI di
SDIT Khulafaur Rasyidin Pontianak. |
en_US |