dc.description.abstract |
Nur Hajiati Arafah, (11901268) “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Pada Siswa Di SMP Islam Al-Mu’allimin Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam Tahun Ajaran 2022/2023” Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak tahun 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Pada Siswa di SMP Islam Al-Mu’allimin Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam Tahun Ajaran 2022/2023. Secara khusus tujuan penelitian ini ingin mengungkapkan (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Mu’allimin Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al Mu’allimin Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam.
Adapun pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu condensasi data, penyajian data, dan kesimpulan dan untuk teknik keabsahan data yang digunakan yaitu tringulasi atau memberchek.
Berdasarkan penelitian dan analisis, hasil penelitiannya yaitu (1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Mu’allimin Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal/pendahulaun seperti mengucap salam, membaca doa serta mengulang materi sebelumnya, kegiatan inti seperti menyampaikan materi, melibatkan siswa berpikir skritis dan berperan aktif dalam pembelajaran dan kegiatan penutup adanya kegiatan penilaian atau evaluasi, di tutup dengan doa dan salam. (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII yaitu faktor pendukung pertama tempat tinggal (asrama), kedua semangat siswa dan dorongan dari orang tua untuk mempelajari Agama sangat tinggi, ketiga sarana buku/kitab. Faktor penghambat, pertama fasilitas ruangan kelas, kedua keampuan siswa yang berbeda-beda, ketiga kurangnya waktu istirahat, keempat waktu pelaksanaan pembelajaran dan materi tidak sesuai, kelima kurangnya fasilitas dalam pembuatan rpp. |
en_US |