dc.description.abstract |
Khairul Kalam, “Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIS Al-Jihad Pontianak”. Skripsi, Pontianak: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi di mana pada saat peneliti melakukan observasi di kelas, peneliti melihat situasi kelas kurang kondusif, dimana ada beberapa peserta didik yang bermain dengan temannya, tidak mendengarkan penjelasan materi dari guru, dan guru juga kurang tanggap dalam merespon kejadian tersebut. Padahal seorang guru seharusnya mampu untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif dan mengembalikannya apabila terjadi gangguan.
Tujuan penelitian ini untuk memaparkan tentang: 1) Cara guru dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas II dan IV di MIS Al-Jihad Pontianak. 2) Cara guru dalam mengembangkan kondisi belajar yang optimal pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas II dan IV di MIS Al-Jihad Pontianak.
Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di MIS Al-Jihad Pontianak. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadits di MIS Al-Jihad Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkaan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Cara guru dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas II dan IV di MIS Al-Jihad Pontianak sudah baik dan terampil, karena guru mampu bersikap tanggap, membagi perhatian dan memusatkan perhatian kelompok pada saat mengajar. 2) Cara guru dalam mengembangkan kondisi belajar yang optimal pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas II dan IV di MIS Al-Jihad Pontianak sudah baik dan terampil. Karena guru mampu meningkatkan perilaku baik, menangani masalah, dan menemukan dan mengatasi masalah yang ditimbulkan ketika proses belajar berlangsung. |
en_US |