NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB MAULID SIMTUDDUROR KARYA AL-HABIB ALI BIN MUHAMMAD BIN HUSEIN AL-HABSYI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author FARHAN, SYARIF IMAM
dc.date.accessioned 2024-07-04T01:57:44Z
dc.date.available 2024-07-04T01:57:44Z
dc.date.issued 2023-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4811
dc.description.abstract SYARIF IMAM FARHAN. Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Maulid Simthudduror Karya Al-habib Ali Bin Muhammad Bin Husein Al-habsyi. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang bisa kita petik di dalam Kitab Simthudduror, Dengan demikian, peneliti ingin mencari tahu tentang nilai-nilai pendidikan Islam Kitab Maulid Simthudduror Karya Al-habib Ali Bin Muhammad Bin Husein Al-habsyi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kitab Simthudduror Karya Al-Habib Ali Bin Muhammad Bin Husein Al-Habsyi, 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis relevansi Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Kitab Simthudduror Karya Al-Habib Ali Bin Muhammad Bin Husein Al-Habsyi dengan pembentukan karakter Islami. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode Library Research. Pendekatakan penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Content Analisis (analisis isi). Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kitab Simthudduror Karya Al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi, dan juga literatur buku-buku lain yang berkaitan dengan pembahasan penelitian. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data, kecukupan referensi, mengadakan member chek. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai-nilai yang terdapat dalam kitab Simthudduror diantaranya yakni nilai aqidah atau tauhid, nilai syariat (ibadah atau muamalah), nilai akhlak, etika dan moral, nilai sosial atau kemasyarakatan, dan nilai dakwah., 2) Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terdapat dalam Kitab Simthudduror Karya Al-Habib Ali bin Muhhammad bin Husein Al-Habsyi dianggap sangat relevan dengan Pembentukkan Karakter Islami karena memiliki keselarasan dengan tujuan Pendidikan Islam yakni memperkuat potensi manusia agar dapat menjadi generasi yang siap menghadapi dinamika perubahan dimasa depan dan mampu mengatasi tantangan zaman dengan karakter dan perilaku yang baik, serta terbangunnya Akhlak dan perilaku terpuji pada diri manusia sehingga dapat menjadikannya manusia yang sempurna baik di dunia maupun diakhirat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Nilai-Nilai Pendidikan en_US
dc.subject Kitab Simthudduror en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB MAULID SIMTUDDUROR KARYA AL-HABIB ALI BIN MUHAMMAD BIN HUSEIN AL-HABSYI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account