PENGARUH PENGGUNAAN METODE STORY TELLING TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN ILHAM PONTIANAK UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author SYADANA, NADILA
dc.date.accessioned 2024-07-04T01:47:42Z
dc.date.available 2024-07-04T01:47:42Z
dc.date.issued 2024-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4809
dc.description.abstract NADILA SYADANA. Pengaruh Penggunaan Metode Story Telling Terhadap Perkembangan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Ilham Pontianak Utara. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Mendeskripsikan penggunaan metode story telling terhadap perkembangan bahasa reseptif anak usia dini di Kelompok Bermain Ilham pontianak Utara. 2) mendeskripsikan perkembangan bahasa reseptif anak usia dini di kelompok Bermian Ilham Pontianak Utara. 3) mendeskripsikan pengaruh signifikansi penggunaan metode story telling terhadap perkembangan bahasa reseptif anak usia dini di Kelompok Bermain Ilham Pontianak Utara. 4) Mendeskripsikan seberapa besar pengaruh penggunaan metode story telling terhadap perkembangan bahasa reseptif anak usia dini di Kelompok Bermain Ilham Pontianak Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Quasi eksperiment design, jenis Pretest-posttest only control group desain. Menggunakan analisis data deskrptif, analisis pengaruh, dan analisis regresi. Populasi adalah Kelas A dan B Kelompok Bermain Ilham, sedangkan sampel adalah anak kelas A1 dan A2. Adapun Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan uji statistik. Berdasarkan data dan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penelitian ini sesuai data lapangan dan uji statistik yaitu ; 1) Penggunaan metode story telling menggunakan 3 tahapan yaitu tahap pembuka cerita, tahap bercerita dan tahap penutup cerita. 2) berdasarkan perkembangan bahasa reseptif anak usia dini, peserta didik memperoleh hasil 85% keseluruhan indikator capaian perkembangan bahasa reseptif anak usia dini. 3) Berdasarkan nilai signifikan 0,02 yang menyatakan bahwa metode story telling berpengaruh terhadap perkembangan bahasa reseptif anak usia dini di Kelompok Bermain Ilham Pontianak Utara. 4) Besaran pengaruh yang dihasilkan dari uji koefisien determinasi sebesar 0,06%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penelitian Eksperimen en_US
dc.subject Metode Story Telling en_US
dc.subject Bahasa Reseptif Anak en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE STORY TELLING TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN ILHAM PONTIANAK UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account