dc.description.abstract |
YUDIN. 11915130. (2023) “Pemanfaatan Media Sosial Dalam
Pengembangan Usaha Jamu Decoco di Kabupaten Sekadau”. Skripsi. Pontianak:
Mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) cara memanfaatkan media
sosial pada bisnis usaha jamu decoco di Kabupaten Sekadau. 2)perkembangan
usaha jamu decoco dengan memanfaatkan media sosial di Kabupaten Sekadau.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Adapun yang menjadi sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data
sekunder. Data primernya yaitu pemilik usaha jamu decoco, karyawan usaha jamu
decoco, dan konsumen jamu decoco. Data sekundernya yaitu buku-buku, jurnal,
skripsi, artikel tentang pemanfaatan media sosial dalam pengembangan usaha.
Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Untuk pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi
sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Berdasarkan pada analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Toko
Jamu Decoco telah memaksimalkan media sosial dalam mengembangkan usaha
dengan cara memanfaatkan fitur yang tersedia di media sosial seperti instagram,
facebook, dan whatsapp. Hal ini dilakukan untuk membangun personal branding
produk yang dipasarkan serta untuk memproyeksikan bagaimana kebutuhan
konsumen.Pemilik usaha jamu decoco sudah memaksimalkan penggunaan fitur
media sosial dengan baik serta melakukan strategi pemasaran melalui media sosial
guna mendapatkan hasil pemasaran yang telah di targetkan. Adapun
perkembangan usaha jamu decoco yaitu cukup mengalami perkembangan akan
tetapi perkembangan usaha jamu decoco berjalan secara pelan dikarenakan
kurangnya informasi konsumen terkait identifikasi manfaat dan kegunaan dari
produk jamu tersebut. Hal itu yang membuat pemilik usaha lebih memfokuskan
strategi melalui media sosial berupa strategi pemasaran, strategi inovasi, dan juga
menyebarkan informasi produk melalui media sosial setiap harinya. Dengan
begitu membuat produk yang dipasarkan akan semakin berkembang kualitasnya. |
en_US |