PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUS SYUBBAN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Zuraya, Helva
dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.author PRONIKA, DIAN
dc.date.accessioned 2024-07-01T08:24:58Z
dc.date.available 2024-07-01T08:24:58Z
dc.date.issued 2023-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4799
dc.description.abstract DIAN PRONIKA, Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatus Syubban Pontianak, Tahun Ajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023. Penelitian ini bertujuan: 1) Langkah-langkah pembelajaran pada kegiatan awal dalam penerapan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatus Syubban Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. 2) Langkah-langkah pembelajaran pada kegiatan inti dalam penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatus Syubban Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Langkah-langkah pembelajaran pada kegiatan penutup dalam penerapan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatus Syubban Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Berdasarkan hasil data yang telah analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Langkah-Langkah Pembelajaran Pada Kegiatan Awal Dalam Penerepan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatus Syubban Pontianak terdapat beberapa langkah yang dilakukan pendidik sesuai dengan RPP yaitu ketika guru masuk kelas mengucapkan salam kepada siswa, guru dan siswa berdo’a bersama-sama sebelum memulai pembelajaran, mengabsen daftar hadir siswa, apersepsi, pre test, motivasi awal dan menyampaikan tujuan pembelajaran, selanjutnya guru membentuk kelompok dan memberikan rangsangan materi kepada siswa. 2) Langkah-Langkah Pembelajaran Pada Kegiatan Inti Dalam Penerepan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatus Syubban Pontianak pada kegiatan inti guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning yaitu orientasi masalah pada peserta didik, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing investigasi/penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 3) Langkah-Langkah Pembelajaran Pada Kegiatan Penutup Dalam Penerepan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatus Syubban Pontianak pada kegiatan penutup langkah yang dilakukan guru yaitu guru memberikan post test kepada siswa, guru menyampikan rencana pembelajaran berikutnya, motivasi akhir, selanjutnya guru dan siswa berdo’a bersama-sama dan mengucapkan salam sebelum menginggalkan kelas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fiqih en_US
dc.title PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUS SYUBBAN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account