PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PEMBELAJARAN MATERI ADAB TERHADAP ORANG TUA DAN GURU DI MTS NAHDLATUS SYUBBAN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Hasanah, Nor
dc.contributor.author LAILATUL, LAILATUL
dc.date.accessioned 2024-07-01T08:13:33Z
dc.date.available 2024-07-01T08:13:33Z
dc.date.issued 2023-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4796
dc.description.abstract LAILATUL, Penggunaan Media Animasi Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII dalam Pembelajaran Materi Adab Seorang Muslim Terhadap Orang Tua dan Guru di MTs Nahdlatus Syubban Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada yaitu hasil belajar siswa yang masih rendah karena penggunaan media yang jarang diterapkan sehingga mengakibatkan hasil belajar mata pelajaran akidah menjadi kurang maksimal. Penggunaan media yang tidak bervariasi membuat siswa kurang tertarik dan mudah bosan ketika pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen serta mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Media Animasi Videoscribe terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran Materi Adab Seorang Muslim Terhadap Orang Tua dan Guru Di MTs Nahdlatus Syubban Pontianak. Penelitian ini dilakukan di MTs Nahdlatus Syubban Pontianak. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 45 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dengan menjadikan populasi sebagai sampel penelitian. Sampel dibagi menadi dua kelas yaitu kelas A berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol dan kelas B berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi kemudian alat pengumpulan data berupa soal tes. Jenis penelitian kuantitatif dengan analisis data yang digunakan yaitu uji Independent Sampel T-Test. Berdasarkan anlisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut. Hasil belajar siswa kelas kontrol kurang maksimal, hal ini dilihat dari banyaknya nilai post-test siswa kelas kontrol tidak tuntas yaitu sebanyak 16 orang siswa dari 22 siswa. Rata-rata nilai pre-test kelas kontrol 63,41 dan nilai rata-rata post-test 72,59. Kemudian hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik, hal ini dilihat dari banyaknya nilai post-test siswa kelas ekperimen yang tuntas yaitu sebanyak 20 orang siswa dari 23 siswa. Rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen 61,96 dan rata-rata nilai post-test 84,57. Terdapat pengaruh penggunaan media animasi videoscribe terhadap hasil belajar. hal ini dilihat dari nilai signifikasi uji Independent Sample T-Test yaitu 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Animasi Videoscribe en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Adab Seorang Muslim Terhadap Orang Tua dan Guru en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PEMBELAJARAN MATERI ADAB TERHADAP ORANG TUA DAN GURU DI MTS NAHDLATUS SYUBBAN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account