STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PRODUK KOPI JURAGAN KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alkadrie, Syarif Agussaid
dc.contributor.advisor Abdurrahman, Abdurrahman
dc.contributor.advisor Zarkasi, Zarkasi
dc.contributor.advisor Martin, Martin
dc.contributor.author RIZAL, MUHAMMAD SYAMSUL
dc.date.accessioned 2024-06-25T01:18:40Z
dc.date.available 2024-06-25T01:18:40Z
dc.date.issued 2023-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4786
dc.description.abstract Muhammad Syamsul Rizal (11825080), “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Produk Kopi Juragan Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran yang terdiri dari 4P yaitu Product, Price, Promotion dan Place yang dilakukan oleh Kopi Juragan dalam meningkatkan volume penjualan. Dengan fokus penelitian pada strategi marketing mix terhadap volume penjualan pada Kopi Juragan di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data primer berupa pengamatan dan wawancara langsung kepada narasumber yaitu pemilik dan karyawan Kopi Juragan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Data pada akhirnya akan diuji keabsahannya dengan teknik triangulasi dan member check. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Kopi Juragan dalam upaya meningkatkan volume penjualan yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran dengan memperhatikan elemen kualitas produk diantaranya Performance (kinerja), Features (ciri khas), Reliability (reliabilitas), Confermance to Specifications (kesesuaian dengan spesifikasi), Durability (daya tahan), Esthetics (Estetika) dan Perceived Quality (kualitas yang dipersepsikan). Selain itu dari segi penetapan harga Kopi Juragan menggunakan metode berbasis biaya dan keuntungan yang memperhitungkan Harga Pokok Produksi dan Net Profit. Dari segi promosi Kopi Juragan meliputi promosi penjulan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), penjualan personal (personal selling), dan pemasaran langsung (direct marketing), dan informasi dari mulut ke mulut (Word of Mouth). Dari segi lokasi meliputi lokasi yang dekat dengan bahan baku, mudah akses jalan oleh masyarakat, mudah dijumpai. Hal lain yang juga diperhatikan oleh Kopi Juragan berkaitan dengan lokasi adalah dengan memperhatikan interior, eksterior dan tata letak desain toko Kopi Juragan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Volume Penjualan en_US
dc.subject Produk Kopi en_US
dc.title STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PRODUK KOPI JURAGAN KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account