PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK PADA ASPEK KOGNITIF USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author PUTRI, NASITA ROSANI
dc.date.accessioned 2024-06-20T01:15:02Z
dc.date.available 2024-06-20T01:15:02Z
dc.date.issued 2024-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4754
dc.description.abstract Nasita Rosani Putri 11911048. Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok di TK Islamiyah Pontianak Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya perhatian pada anak usia dini, karena setiap anak memiliki keunikan tersendiri dalam fase pertumbuhan mereka, peran sentra balok diharapkan dapat merangsang kreativitas anak usia dini, dengan penekanan pada perlunya evaluasi dan peningkatan dalam konteks pembelajaran sentra balok di TK Islamiyah Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak sebelum diterapkan permainan balok di TK. Islamiyah Pontianak. 2) Untuk mengetahui Langkah-langkah permainan balok dalam meningkatkan xvi kreativitas anak usia dini di TK. Islamiyah Pontianak. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kreativitas anak bermain balok di TK. Islamiyah Pontianak Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas atau classroom action research dengan mengabungkan 2 pendekatan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan datanya: observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah data kualitatif yaitu data akan digambarkan dengan kata kata atau kalimat dan data kuantitatif yaitu data yang berupa angka-angka hasil perhitungan yang diperoleh presentase. Hasil penelitian ini, 1) Perkembangan kreativitas anak sebelum diterapkan permainan balok di TK. Islamiyah Pontianak yang mana peneliti menggunakan media puzzle. Mencapai nilai total 90 dengan rata-rata 6,43 dalam persen 53,57 berkategori mulai berkembang (BSH). 2) Langkah-langkah permainan balok dalam meningkatan kreativitas anak usia dini di TK. Islamiyah dilaksanakan dengan 2 siklus mulai dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan observasi di setiap siklusnya. Siklus I menunjukkan peningkatan yang positif pada setiap anak setelah perbaikan pada media permainan balok. 3) Terdapat peningkatan kreativitas anak bermain balok di TK. Islamiyah Pontianak. Pada siklus I memperoleh nilai keseluruhan 126 dengan rata-rata 9.00, dalam persen 75,00 berkategori berkembangan sesuai harapan (BSH). Kemudian siklus II, terjadi peningkatan signifikan pada nilai keseluruhan dan persentase anak yang mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Pada siklus II memperoleh nilai keseluruhan 149 dengan rata-rata 10,64 dalam persen 88,69 berkategori berkembangan sangat baik (BSB). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.subject Kognitif en_US
dc.subject Permainan Balok en_US
dc.title PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK PADA ASPEK KOGNITIF USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account