HUBUNGAN TINGKAT KETERDADAHAN MEDIA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DI INSTAGRAM THIBBUN NABAWI @zaidulakbar OLEH dr. ZAIDUL AKBAR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hafizah, Evi
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Habibi, Muhammad
dc.contributor.advisor Syifa, Abdullah
dc.contributor.author RIFKI, NAFI MAULA
dc.date.accessioned 2024-06-19T03:26:45Z
dc.date.available 2024-06-19T03:26:45Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4749
dc.description.abstract NAFI MAULA RIFKI, 11831026, Hubungan Tingkat Keterdadahan Media dengan Efektivitas Komunikasi di Instagram Thibbun Nabawi @zaidulakbar oleh Dr.Zaidul Akbar Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui tingkat efektivitas komunikasi Instagram sebagai media informasi dalam meningkatkan Thibbun Nabawi di era digital; 2) Mengetahui hubungan antara karakteristik followers dengan tingkat efektfitas komunikasi Instagram sebagai media informasi dalam meningkatkan Thibbun Nabawi di era digital; 3) Mengetahui hubungan antara tingkat keterdadahan media sosial Instagram dengan tingat efektivitas komunikasi Instagram sebagai media informasi dalam meningkatkan Thibbun Nabawi di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendelatan kuantitatif dengan metode survey kemudian didukung dengan data kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden yang merupakan followers akun Instagram @zaidulakbar. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Efektivitas komunikasi media instagram @zaidulakbar berada pada kategori tinggi (nilai rataan 16.21). rataan dari masing masing aspek efektivitas komunikasi media sosial instgaram @zaidulakbar aspek kognitif memiliki rataan skor 16 (kategori tinggi), aspek afektif memiliki rataan skor 16 (kategori tinggi), dan aspek konatif memiliki rataan skor 17 (kategori tinggi); 2) Hubungan karakteristik followers dengan efektivitas komunikasi instagram menunjukan bahawa tidak ada hubungan yang signifikan antara karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin, pekerjaan, dan pendidikan dengan tingkat efektivitas komunikasi instagram pada semua aspek. Sedangkan hasil pengujian korelasi pada karakteristik responden berdasarkan umur dengan tingkat efektivitas komunikasi instgaram menunjukan ada hubungan yang signifikan pada aspek kognif dan tidak hubungan yang signifikan pada aspek afektif dan konatif; 3) Hubungan antara tingkat keterdadahan media dengan efektivitas komunikasi instagram sebagai media penyebaran informasi seputar Thibbun Nabawi menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat keterdadahan media sosial instagram pada aspek frekuensi, durasi, dan pesan dengan tingkat efektivitas komunikasi instagram pada semua aspek. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject efektivitas komunikasi en_US
dc.subject followers, en_US
dc.subject instagram en_US
dc.title HUBUNGAN TINGKAT KETERDADAHAN MEDIA DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DI INSTAGRAM THIBBUN NABAWI @zaidulakbar OLEH dr. ZAIDUL AKBAR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account