IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN IB TAHAROH DI BANK KALBAR SYARIAH KANTOR CABANG PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Widiati, Ari
dc.contributor.advisor Atiqah, Nur
dc.contributor.author WAHYUNI, CLARA ZULIKA
dc.date.accessioned 2024-06-05T03:32:22Z
dc.date.available 2024-06-05T03:32:22Z
dc.date.issued 2023-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4686
dc.description.abstract Clara Zulika Wahyuni, NIM 11907022 “Implementasi Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Taharoh di Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak”. Skripsi, Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilakukan untuk 1) untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan strategi pemasaran pada produk tabungan iB Taharoh di Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak Dalam Kajian SWOT Analisis 2) untuk mengetahui peluang dan ancaman strategi pemasaran pada produk tabungan iB Taharoh di Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak Dalam Kajian SWOT Analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer yaitu karyawan di Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak, sedangkan data sekundernya yaitu dokumen dari di Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak terkait fokus masalah diteliti, buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan analisis strategi pemasaran. teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis keabsahan data menggunakan triangulasi dan membercheck. Dari hasil penelitian ini, Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak dalam kajian SWOT Analisis stategi pemasaran poduk tabungan iB Taharoh memiliki kekuatan yaitu: door to door ke tempat kegamaan dan cross selling, brand image yang baik, SDM yang kompeten, bekerjasama dengan pihak pemerintah, sarana dan prasarana yang baik. Adapun yang menjadi kelemahan pada strategi pemasaran produk tabungan iB Taharoh di Bank Kalbar Syarih Kantor Cabang Pontianak yaitu: lamanya daftar tunggu (waiting list) haji, minim petugas atau pelaksana, produk sama seperti Bank lainnya. Adapun peluang terdapat pada startegi pemasaran produk tabungan iB Taharoh di Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak yaitu: fitur/keunggulan produk, promosi, bagi hasil dan pelayanan, mayoritas penduduk di Kota Pontianak beragama islam, dukungan yang positif dari pemerintah, Bank syariah yang terus berkembang serta dana nasabah yang di kelola secara syariah`, direct selling dan intermarketing promosi yaitu 1) personal selling 2) periklanan dan 3) pemasaran online. Sedangkan yang menjadi ancaman pada strategi pemasaran produk tabungan iB Taharoh di Bank Kalbar Kantor Cabang Pontianak yaitu: banyaknya pesaing yang menawarkan produk yang sama, kurangnya pemahaman dan antusias masyarakat, kondisi perekonomian yang kurang stabil. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Analisis SWOT en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Tabungan iB Taharoh en_US
dc.title IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN IB TAHAROH DI BANK KALBAR SYARIAH KANTOR CABANG PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account