dc.description.abstract |
Clara Zulika Wahyuni, NIM 11907022 “Implementasi Analisis SWOT Dalam
Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Taharoh di Bank Kalbar Syariah Kantor
Cabang Pontianak”. Skripsi, Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilakukan untuk 1) untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan
strategi pemasaran pada produk tabungan iB Taharoh di Bank Kalbar Syariah Kantor
Cabang Pontianak Dalam Kajian SWOT Analisis 2) untuk mengetahui peluang dan
ancaman strategi pemasaran pada produk tabungan iB Taharoh di Bank Kalbar Syariah
Kantor Cabang Pontianak Dalam Kajian SWOT Analisis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer yaitu
karyawan di Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak, sedangkan data
sekundernya yaitu dokumen dari di Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak
terkait fokus masalah diteliti, buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan analisis
strategi pemasaran. teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis keabsahan data menggunakan triangulasi
dan membercheck.
Dari hasil penelitian ini, Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak dalam
kajian SWOT Analisis stategi pemasaran poduk tabungan iB Taharoh memiliki
kekuatan yaitu: door to door ke tempat kegamaan dan cross selling, brand image yang
baik, SDM yang kompeten, bekerjasama dengan pihak pemerintah, sarana dan
prasarana yang baik. Adapun yang menjadi kelemahan pada strategi pemasaran produk
tabungan iB Taharoh di Bank Kalbar Syarih Kantor Cabang Pontianak yaitu: lamanya
daftar tunggu (waiting list) haji, minim petugas atau pelaksana, produk sama seperti
Bank lainnya. Adapun peluang terdapat pada startegi pemasaran produk tabungan iB
Taharoh di Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak yaitu: fitur/keunggulan
produk, promosi, bagi hasil dan pelayanan, mayoritas penduduk di Kota Pontianak
beragama islam, dukungan yang positif dari pemerintah, Bank syariah yang terus
berkembang serta dana nasabah yang di kelola secara syariah`, direct selling dan
intermarketing promosi yaitu 1) personal selling 2) periklanan dan 3) pemasaran
online. Sedangkan yang menjadi ancaman pada strategi pemasaran produk tabungan
iB Taharoh di Bank Kalbar Kantor Cabang Pontianak yaitu: banyaknya pesaing yang
menawarkan produk yang sama, kurangnya pemahaman dan antusias masyarakat,
kondisi perekonomian yang kurang stabil. |
en_US |