POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS ANGGOTA GENERASI BARU INDONESIA KALIMANTAN BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ibrahim, Ibrahim
dc.contributor.advisor Hafizah, Evi
dc.contributor.advisor Hefni, Harjani
dc.contributor.advisor Andrian, Bob
dc.contributor.author RAHMAWATI, AGUS
dc.date.accessioned 2024-06-04T02:20:58Z
dc.date.available 2024-06-04T02:20:58Z
dc.date.issued 2023-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4677
dc.description.abstract AGUS RAHMAWATI (11631092), Pola Komunikasi Organisasi dalam Membangun Loyalitas Anggota Generasi Baru Indonesia Kalimantan Barat. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak,2023. Komunikasi adalah proses dimana komunikator menyapaikan pesan terhadap komunikan untuk mendapatkan saling pengertian, yang secara langsung atau melalui media. Fokus penelitian ini adalah Pola komunikasi organisasi dalam membangun loyalitas anggota Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Proses komunikasi organisasi dalam membangun loyalitas anggota. 2) Faktor pendukung dan penghambat proses komunikasi organisasi dalam membangun loyalitas anggota. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah pengurus dan anggota GenBI yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif Miles & Huberman yaitu reduksi data dan display data. Teknik pemeriksaan data dan keabsahan data menggunakan Triangulasi dan perpanjang keikutsertaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1)Proses komunikasi organisasi dalam membangun loyalitas anggota cendrung menggunakan pola komunikasi rantai yakni, pengurus sebagai perantara penyampaian pesan dan infromasi dari pembina ke anggota. Pada saat proses pola komunikasai rantai terjalain terdapat juga arus pesan komunikasi kebawah, yakni pembina memberikan informasi ke pengurus, lalu pengurus melanjutkan ke anggota. 2) Faktor penghambat dalam proses komunikasi dalam membangun loyalitas anggota adalah penerimaan pesan karena menggunakan perantara sehingga timbul ketidak puasan dan menghasilkan tanggapan yang keliru. Sedangkan faktor pendukung proses komunikasi organisasi GenBI dalam membangun loyalitas anggota adanya grup whatsapp yang memudahkan terkoneksi dengan seluruh anggota. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pola Komunikasi en_US
dc.subject Organisasi en_US
dc.subject GenBI en_US
dc.subject Loyalitas en_US
dc.title POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS ANGGOTA GENERASI BARU INDONESIA KALIMANTAN BARAT en_US
dc.title.alternative (Studi Pada Kepengurusan GenBI Priode 2020-2022) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account