STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF KOMUNITAS BERBAGI NASI PONTIANAK DALAM MEWUJUDKAN KESADARAN BERBAGI PADA ANAK MUDA KALIMANTAN BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Taqwa, Ria Hayatunnur
dc.contributor.advisor Barriyati, Barriyati
dc.contributor.advisor Hefni, Harjani
dc.contributor.advisor Kusumayanti, Fitri
dc.contributor.author RAHMAWAN, AZIIZ DWI
dc.date.accessioned 2024-06-03T02:31:51Z
dc.date.available 2024-06-03T02:31:51Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4664
dc.description.abstract AZIIZ DWI RAHMAWAN, NIM 11905008. Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Berbagi Nasi Pontianak dalam Mewujudkan Kesadaran Berbagi Anak Muda Kalimantan Barat. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) The Psychodynamic Strategy; 2) The Sociocultural Strategy; 3) The Meaning Construction Strategy pada komunitas Berbagi Nasi Pontianak dalam Mewujudkan Kesadaran berbagi Anak Muda Kalimantan Barat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskripsi. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah para pengurus Komunitas Berbagi Nasi Pontianak dengan karakteristik sebagai berikut: Ketua, Admin sosial media Instagram, tiga anggota dengan ketentuan lebih dari tiga tahun sebagai anggota; 2) Sumber sekunder adalah dokumentasi foto, dan data observasi lapangan. Metode penelitian kualitatif yang digunakan pada penelitian ini adalah metode fenomenologi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi langsung dengan alat pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis model interaktif. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) strategi psikodinamika dalam aspek kognitif dan emosional. Persuade diajak sekali saja untuk bergabung kedalam program kegiatan dengan proses emosional yang dibangkitkan; 2) strategi sosiokultural berperan mengubah perilaku atau sikap persuade yang dipengaruhi faktor dari luar individu, yakni pada sistem kolaborasi dan hubungan teman dekat; 3) strategi konstruksi makna yakni pada upaya manipulatif pengertian dengan tujuan memberikan pengertian yang sederhana agar memudahkan persuade dalam memahami apa yang disampaikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Psychodynamic en_US
dc.subject Sociocultural en_US
dc.subject Meaning Construction en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF KOMUNITAS BERBAGI NASI PONTIANAK DALAM MEWUJUDKAN KESADARAN BERBAGI PADA ANAK MUDA KALIMANTAN BARAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account