dc.description.abstract |
Fitriani, Analisis Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk pada Kerajinan Anyaman Akar Keladi Air Home Industry Nani Liana Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pemasaran yang diterapkan Home Industry Nani Liana yang hanya melalui pameran dan event tertentu tanpa harus mendistrubusikan ketoko-toko atau pada reseler. Namun dalam hal ini penjualannya sudah mencapai ke beberapa kota hingga luar negeri melalui pameran dan event. Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui strategi yang diterapkan Home Industry Nani Liana dalam pemasaran produk, serta agar dapat mengetahui inovasi yang diterapkan dalam proses penganyaman akar keladi air.
Penelitian ini merupakan penelitian yang terjun langsung kelapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa data wawancara dari pemilik usaha, karyawan serta konsumen Home Industry Nani Liana.
Hasil penelitan ini memperlihatkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan selalu memperhatikan kualitas produk yaitu kerapian produk, desain dari produk, penetapan harga produk, dan jenis promosi yang digunakan melalui media sosial dan juga pameran atau event tertentu. Inovasi produk yang diterapkan dengan bereksperimen pada produk, mengkolaborasikan produk serta meningkatkan daya tahan dari produk. |
en_US |