PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI TK ISLAM HARAPAN INDAH PONTIANAK TAHUN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitri
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.author APRIANTI, LISA
dc.date.accessioned 2024-05-28T02:23:25Z
dc.date.available 2024-05-28T02:23:25Z
dc.date.issued 2024-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4641
dc.description.abstract LISA APRIANTI. Peran Guru Sebagai Pembimbing dalam Menanamankan Karakter Disiplin pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband di TK Islam Harapan Indah Pontianak Tahun 2023/2024. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi karena di TK Islam Harapan Indah Pontianak yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler drumband. Beberapa anak yang menunjukkan perilakunya yang belum tumbuh sesuai dengan nilai-nilai karakter yang ditanamkan. Kurangnya karakter disiplin pada anak. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokus pada peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband di TK Islam Harapan Indah Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana peran guru dalam perencanaan penanaman karakter disiplin, pelaksanaan langkah-langkah penanaman karakter disiplin, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus masalah, sumber data 4 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif model Miles, Huberman, dan Saldana. Menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data dan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Peran guru sebagai pembimbing dalam perencanaan penanaman karakter disiplin, yaitu menetapkan tujuan, waktu, langkah-langkah, dan penanggung jawab. 2) Pelaksanaan langkah-langkah penanaman karakter disiplin yaitu kerjasama, bersikap konsisten, pembiasaan, memberikan contoh hal-hal sederhana, dan menyatakan salah jika anak melakukan kesalahan. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman karakter disiplin yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru Sebagai Pembimbing en_US
dc.subject Menanamkan Disiplin en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.subject Ekstrakurikuler dan Drumband. en_US
dc.title PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI TK ISLAM HARAPAN INDAH PONTIANAK TAHUN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account