dc.description.abstract |
CHOIRUL RAHMAWATI. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 11 Semangak di Lokasi Terpencil Jalan Suti Semarang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Pontianak : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 11 Semangak masih sangat dikatakan kurang karena selama proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang itu-itu saja dan tidak berubah, serta tidak adannya penggunaan media pembelajaran. Hal ini menunjukkan adanya problem pembelajaran yaitu guru tidak menguasai metode pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan: 1) Problem yang dihadapi dalam proses pembelajaran Pendidika Agama Islam di SD Negeri 11 Semangak; 2) Faktor penyebab problem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 11 Semangak; 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 11 Semangak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah field research ( Penelitian Lapangan) dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Beberapa Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 11 Semangak yaitu masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran, serta masalah pendidik yang tidak menguasai metode pembelajaran.; 2) Beberapa faktor yang menjadi sebab adanya problem pembelajaran di SD Negeri 11 Semangak adalah pendidik yang kurang menggali metode pembelajaran serta adanya keterbatasan sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah; 3) Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 11 Semangak yaitu melakukan perbaikan pada peroses pembelajaran dengan menciptakan lingkungan belajar yang baik dan efektif, menerapkan metode pembelajaran yang tepat, Selain itu, pihak sekolah juga berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran agar tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai secara maksimal. |
en_US |