PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB C KINASIH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.author NURMIRANTI, NURMIRANTI
dc.date.accessioned 2024-05-15T06:31:30Z
dc.date.available 2024-05-15T06:31:30Z
dc.date.issued 2024-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4628
dc.description.abstract NURMIRANTI, Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SLB C Kinasih Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: (1) Kondisi peserta didik berkebutuhan khusus di SLB C Kinasih Pontianak Barat; (2) Proses pembelajaran pendidikan Agama Islam pada peserta didik berkebutuhan khusus di SLB C Kinasih Pontianak Barat; (3) Kendala dalam menerapkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB C Kinasih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Sumber data primer penelitian ini adalah kepala sekolah SLB Kinasih dan tiga orang wali kelas SLB Kinasih sedangkan data skunder yaitu dokumentasi proses pembelajaran serta dokumen yang menunjang untuk penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi partisipan, wawancara terstruktur dan mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan member check. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB Kinasih Pontianak yaitu (1) Kondisi anak berkebutuhan khusus yaitu ada tiga: kondisi fisik, kondisi psikologi dan sosial; (2) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB Kinasih sama pada sekolah umum hanya saja materi lebih disederhanakan dan adanya Program Pendidikan Individu (PPI); (3) Kendala yang dihadapi dalam penerapanPAI di SLB Kinasih ada empat point yaitu materi yang sulit dipahami, kurang fokus, prasarana yang tidak memadai dan mental yang tidak stabil. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Problematika en_US
dc.subject PAI en_US
dc.subject Anak Berkebutuhan Khusus en_US
dc.title PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB C KINASIH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account