PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 24 PONTIANAK TENGGARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Widiatmaka, Pipit
dc.contributor.author RIZQI, WAHYU SRI
dc.date.accessioned 2024-05-15T01:38:29Z
dc.date.available 2024-05-15T01:38:29Z
dc.date.issued 2024-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4625
dc.description.abstract Wahyu Sri Rizqi. Pengaruh Metode Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 24 Pontianak Tenggara. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan metode pembelajaran Scramble pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen. (3) Hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol. (4) Pengaruh metode pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SD Negeri 24 Pontianak Tenggara, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sample Purposive Sampling dengan kelas VA sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 27 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis uji beda atau uji t yaitu Independent Sample t-Test. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Penggunaan metode pembelajaran scramble termasuk dalam kategori sangat baik karena memperoleh skor 10 dari 10 aspek penilaian dengan persentase 100%, artinya langkah-langkah metode pembelajaran scramble diterapkan secara sistematis. (2) Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 85.74. (3) Hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol rata-rata sebesar 74.63. (4) Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t sebesar 3.757 dan nilai signifikansi 0,00. Nilai signifikansi tersebut menyatakan lebih kecil 0,05, maka kesimpulannya Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya metode pembelajaran scramble berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di SD Negeri 24 Pontianak Tenggara. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Metode Scramble en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 24 PONTIANAK TENGGARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account