PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS PENDIDIKAN EKOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.author TARISA, TARISA
dc.date.accessioned 2024-05-15T01:34:57Z
dc.date.available 2024-05-15T01:34:57Z
dc.date.issued 2024-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4624
dc.description.abstract Tarisa. 12001161. Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Pendidikan Ekologi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Penggunaan media pop up book berbasis pendidikan ekologi di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak tahun pelajaran 2023/2024. 2) Hasil belajar peserta didik di kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak tahun pelajaran 2023/2024. 3) Pengaruh penggunaan media pop up book berbasis pendidikan ekologi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain nonequivalent control group design untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yaitu variabel independen (X) untuk media pop up book berbasis pendidikan ekologi dan variabel dependen (Y) untuk hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian berjumlah 168 peserta didik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak dan sampel sebanyak 42 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes (soal pilihan ganda) dan non tes (observasi dan dokumentasi). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, sebagai berikut: 1) Analisis instrumen. 2) Analisis statistik deskriptif. 3) Analisis inferensial. Hasil penelitian yaitu: 1) Secara keseluruhan penggunaan media pop up book berbasis pendidikan ekologi berjalan 100% sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat. 2) Hasil belajar peserta didik di kelas kontrol pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak memperoleh rata-rata 70,13 dengan persentase 58,7 % dikategorikan sedang. Hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen setelah menggunakan media pop up book berbasis pendidikan ekologi pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak memperoleh rata-rata 78,88 dengan persentase 81,8% dikategorikan sangat baik. 3) Pengaruh penggunaan media pop up book berbasis pendidikan ekologi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak sebesar 0,002 < 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Pop Up Book en_US
dc.subject Pendidikan Ekologi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS PENDIDIKAN EKOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account