dc.description.abstract |
Tarisa. 12001161. Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Pendidikan
Ekologi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Penggunaan media pop up
book berbasis pendidikan ekologi di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Pontianak tahun pelajaran 2023/2024. 2) Hasil belajar peserta didik di kelas
kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di
kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak tahun pelajaran 2023/2024.
3) Pengaruh penggunaan media pop up book berbasis pendidikan ekologi terhadap
hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen
dengan desain nonequivalent control group design untuk mengetahui pengaruh
antara dua variabel yaitu variabel independen (X) untuk media pop up book
berbasis pendidikan ekologi dan variabel dependen (Y) untuk hasil belajar peserta
didik. Populasi penelitian berjumlah 168 peserta didik di kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak dan sampel sebanyak 42 peserta didik. Teknik yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes (soal pilihan ganda) dan non tes
(observasi dan dokumentasi). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini,
sebagai berikut: 1) Analisis instrumen. 2) Analisis statistik deskriptif. 3) Analisis
inferensial.
Hasil penelitian yaitu: 1) Secara keseluruhan penggunaan media pop up
book berbasis pendidikan ekologi berjalan 100% sesuai dengan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat. 2) Hasil belajar peserta didik
di kelas kontrol pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak memperoleh rata-rata 70,13 dengan
persentase 58,7 % dikategorikan sedang. Hasil belajar peserta didik di kelas
eksperimen setelah menggunakan media pop up book berbasis pendidikan
ekologi pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak memperoleh rata-rata 78,88 dengan persentase
81,8% dikategorikan sangat baik. 3) Pengaruh penggunaan media pop up book
berbasis pendidikan ekologi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Pontianak sebesar 0,002 < 0,05. |
en_US |