dc.description.abstract |
SELVI MARSENDI, “Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Pendidikan Karakter
Peduli Lingkungan di MTs Muhammadiyah Tamang Sagang Kabupaten Sambas
Tahun Ajaran 2022/2023”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh program kebersihan lingkungan yang belum
mencapai hasil yang maksimal, masih terdapat beberapa siswa yang membuang
sampah sembarangan dan tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Tujuan
penelitian ini adalah:1) Untuk mendeskripsikan masalah yang muncul dalam karakter
peduli lingkungan di MTs Muhammadiyah Tamang Sagang Kabupaten Sambas, 2)
Untuk mendeskripsikan upaya guru Akidah Akhlak dalam mengatasi masalah
pendidikan karakter peduli lingkungan di MTs Muhammadiyah Tamang Sagang
Kabupaten Sambas, 3) Untuk mendeskripsikan metode yang digunakan guru akidah
akhlak dalam pendidikan karakter peduli lingkungan di MTs Muhammadiyah Tamang
Sagang Kabupaten Sambas, 4) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan
penghambat guru Akidah Akhlak dalam pendidikan karakter peduli lingkungan di MTs
Muhammadiyah Tamang Sagang Kabupaten Sambas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenology, dengan sumber data yaitu, sumber data primer dan sumber data skunder.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi tidak
langsung, teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analisis
data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Sedangkan teknik yang digunakan untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi sumber dan member chek.
Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)
Masalah yang muncul dalam pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah yaitu
masih terdapat beberapa siswa yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan
sekolah, dapat terlihat dari sebagian sudut sekolah yang masih kurang terjaga
kebersihannya. 2) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi masalah pendidikan
karakter peduli lingkungan yaitu membiasakan dan mengarahkan siswa untuk menjaga
kebersihan lingkungan sekolah. (3) Metode yang digunakan guru akidah akhlak dalam
pendidikan karakter peduli lingkungan yaitu melalui lima metode seperti keteladanan,
pembiasaan, nasihat, pengawasan serta mendidik dengan hukuman. (4) faktor
pendukung pendidikan karakter yaitu sarana dan prasarana yang mendukung dan
memadai serta adanya peran lingkungan sekolah (warga sekolah dan lingkungan).
Sedangkan faktor penghambatnya adalah berasal dari diri siswa sendiri, rendahnya
pengetahuan siswa tetang kebersihan lingkunga, kurangnya fasilitas yang memadai,
dan kurang kerja sama antara orang tua. |
en_US |