dc.description.abstract |
IKHLAS NERAMI PENGGALIH (11711001) “Implementasi Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN Bengkayang Tahun Pelajaran 2023/2024.”Skripsi. Pontianak: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: (1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum diterapkan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil kelas XI MAN Bengkayang pada mata pelajaran Akidah Akhlak ;(2) Aktivitas belajar peserta didik sesudah implementasi keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil kelas XI MAN Bengkayang pada mata pelajaran akidah akhlak (3) Peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas XI MAN Bengkayang setelah guru menerapkan keterampilan diskusi kelompok kecil.
Untuk menggali dan mengetahui tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA dengan jumlah 30 orang yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 21 peserta didik perempuan.Teknik pengumpulan data dilakukan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase yang digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk kuantitatif. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data dengan pengecekan data dan pengecekan anggota.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum diterapkan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil memperoleh rata-rata pra siklus sebesar 16,5 dengan persentase 41,25% kategori rendah. (2) Aktivitas belajar peserta didik ketika telah diimplementasikan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil memperoleh persentase pada siklus I sebesar 72,25% dan pada siklus 2 sebesar 92,33% dengan kategori sangat tinggi. (3) Peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar peserta didik setelah menerapkan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil terbukti dapat dilihat dari perolehan siklus I dengan persentase sebesar 72,25% dan siklus II dengan persentase 92,33% , peningkatan secara signifikan dengan nilai persentase 51,08% yang di hitung pra siklus ke siklus I dan siklus II. |
en_US |