dc.description.abstract |
SHINTIA. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai
Keagamaan Siswa Kelas X melalui Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Sungai Raya
Kepulauan Kabupaten Bengkayang: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan
Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Latar belakang penelitian ini yaitu peran guru Pendidikan Agama Islam dalam program
Adiwiyata dapat menamakan nilai keagamaan diantaranya nilai peduli lingkungan, nilai
disiplin, dan nilai tanggung jawab dengan berbagai kegiatan adiwiyata. Selama ini guru
Pendidikan Agama Islam berperan di dalamnya, hanya menjalankan program Adiwiyata saja
tanpa mengetahui nilai-nilai keagamaan apa saja yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) bagaimana peran guru Pendidikan
Agama Islam sebagai pengajar melalui program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Sungai Raya
Kepulauan, (2) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai model melalui
program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan, (3) bagaimana peran guru
Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing melalui program Adiwiyata di SMA Negeri 1
Sungai Raya Kepulauan.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif dan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan
Agama Islam, pengurus adiwiyata, dan anggota adiwiyata. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik
pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Adiwiyata di SMA Negeri 1 Sungai
Raya Kepulauan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu kegiatan harian, kegiatan mingguan,
kegiatan bulanan, dan kegiatan tahunan. Adapun beberapa peran guru terkait dengan program
adiwiyata adalah (1) peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam
memberikan ilmu pengetahuan seperti adanya pemberian materi Adiwiyata, kegiatan jum’at
bersih, kegiatan menanam tanaman, dan pemanfaatan barang bekas sehingga dapat
menanamkan nilai peduli lingkungan, (2) peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai model
dalam memberikan contoh seperti adanya hadir tepat waktu, piket kelas, dan menggunakan
pakaian sesuai ketentuan sehingga dapat menanamkan nilai disiplin, (3) peran guru
Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam memberikan arahan seperti
pemanfaatan konservasi air dan membunag sampah pada tempatnya sehingga dapat
menanamkan nilai tanggung jawab. Dari peran guru Pendidikan Agama Islam tersebut dapat
menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada peserta didik sehingga kegiatan ini dilakukan
oleh peserta didik kelas sepuluh saja pada saat kegiatan Adiwiyata itu berlangsung. |
en_US |