KEGIATAN SISWA DALAM EKSTRAKULIKULER MUHADHARAH DI MADRASAH TSYANAWIYAH TEKNOLOGI INFORMASI AL-MADANI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author HIDAYAT, TAUFIK
dc.date.accessioned 2024-04-25T02:30:16Z
dc.date.available 2024-04-25T02:30:16Z
dc.date.issued 2024-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4596
dc.description.abstract Taufik Hidayat. Kegiatan Siswa Dalam Ekstrakulikuler Muhadharah Di Madrasah Tsyanawiyah Teknologi Informasi Al-Madani Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi dalam kegiatan mhadharah ini yang membuat materi dan menjadi pemateri/penceramah adalah siswa bukan ustadz atau ustadzah yang menyampaikan ceramah, hal tersebut menjadi menarik karena siswa bisa membuat materi dan berani tampil di depan teman-teman beserta gurunya untuk menyampaikan materi yang sudah disiapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Bagaimana Siswa Melakukan Perencanaan Pada Materi Kegiatan Esktrakurikuler Muhadharah Di Mts TI Al-Madani Pontianak. 2) Bagaimana Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakulikuler Muhadharah Di Mts Ti Al-Madani Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Bagaimana Evaluasi Pada Materi Kegiatan Esktrakurikuler Muhadharah Oleh Pembimbing Di Mts TI Al-Madani Pontiana. Penelitian ini mengguanakan metode kuialitatif. Untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan fokus penelitian digunakan sumber data dari siswa, pembimbing muhadharah dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen, observasi dan wawancara. Analisis data, menggunakan jenis deskriptif, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Memeber Check, Triangulasi Sumber, Triangulasi Waktu dan Triangulasi Teknik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa :1) Dalam Perencanaan siswa Pada Materi, merancang teks MC tiga bahasa, pemilihan topik/tema pidato, mengumpulkan bahan-bahan pidato, pemilihan tema kisah nabi, dan pemilihan surah Al-Qur’an. Semua sudah sangat baik. 2) Dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakulikuler Muhadharah semua proses kegiatan seperti penyampaian teks MC tiga bahasa sudah sangat baik dan bagus sudah terstruktur. Pembcaan Al-Qur’an juga sudah sesuai dengan kaidah hukum tajwidnya penyampaian pidato tiga bahasa sudah sangat baik. Penyampaian kisah nabi juga sudah sangat baik. Pembacaan do’a siswa menghafalnya tanpa melihat teks, sudah sangat baik. 3). Dalam Evaluasi kegiatan ekstrakulikuler muhadharah adapun hasil dari evaluas perencanaan dan pelaksanaan siswa sudah tercapai sudah baik dan sudah sesuai dari apa yang direncanakan dan apa yang sudah terlaksanakan penilaian materi dan keterampilan siswa itu sudah baik siswa mampu membuat materi dan tampil dengan baik dan sudah tercapai tujuan dari kegiatan muhadharah itu sendiri. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kegiatan en_US
dc.subject Ekstrakurikuler en_US
dc.subject Muhadharah en_US
dc.title KEGIATAN SISWA DALAM EKSTRAKULIKULER MUHADHARAH DI MADRASAH TSYANAWIYAH TEKNOLOGI INFORMASI AL-MADANI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account